Inilah Pendiri Sekolah Perempuan Pertama Indonesia

oleh -785 views
Source: made-blog.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dewi Sartika adalah simbol kebangkitan kesadaran perempuan atas harga dirinya. Ia berjuang agar kaumnya sejajar dengan lawan jenisnya. Dengan segala keterbatasan dan pagar-pagar bersepuh emas yang bernama etika, mereka mencoba untuk mengembangkan diri dan keyakinannya. (Indah)

Dewi Sartika adalah putri pasangan Patih Bandung, yaitu R. Rangga Somanegara dan RA. Rajapermas. Cita-cita putri bangsawan ini adalah mendirikan Sekolah Isteri. Ia sudah mengidam-idamkan sekolah tersebut sejak kecil. Kala bocah, kelahiran Cicalengka, 1884, itu gemar bermain sekolah-sekolahan dan ia selalu memilih peran guru.

Kendati usulnya sempat ditentang, 16 Januari 1904, sekolah impiannya bisa terwujud di Pendopo Kabupaten Bandung. Sekolah itu terus berkembang dan harus pindah ke Jalan Ciguriang. Selanjutnya, Jalan ini terkenal dengan nama Jalan Dewi Sartika.

Baca Juga: Pernah Nonton Film Tjokroaminoto? Ini Profilnya Part 2

Kemudian, namanya pun berubah jadi Sekolah Kaoetamaan Isteri, dengan cabang tersebar di Tasikmalaya, Sumedang, Cianjur, Ciamis, Kuningan, dan Sukabumi. Ketika .Kaoetamaan Isteri merayakan HUT-nya yang ke-35, Dewi mendapat anugerah bintang emas Orde van Oranje Nassau. Istri R.Kd. Agah Suriawinata ini wafat di Cineam, 11 September 1947, ketika ia mengungsi karena pecah perang. Tahun 1966, Kartika, perempuan dari Priangan ini mendapat gelar Pahlawan Pergerakan Nasional. Hingga ini perjuangan Dewi Sartika menjadi mata air inspirasi bagi gerakan pemberdayaan perempuan di negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.