Jenis-jenis Prangko yang Pernah Ada di Indonesia

oleh -746 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tahukah kamu pada zaman dahulu sampai zaman sekarang tidak sedikit orang yang mengumpulkan atau mengoleksi sebuah perangko. Mulai dari yang memiliki desain yang unik, harga yang mahal, maupun yang limited edition. Walaupun sebuah kegiatan yang bisa terbilang membosankan bagi sebagian orang. Tetapi bagi orang yang mengoleksi sebuah perangko hal tersebut akan menjadi sebuah kegiatan yang mengasyikkan. Karena kita dapat mengenal macam macam perangko. Lalu, apa saja jenis-jenis prangko yang ada? Check this out! (fb)

Baca juga: Hal yang Harus Kamu Lakukan Di Tahun 2021

Prangko Definitif

Source by Wikipedia

Secara umum pranko definitif merupakan pranko biasa. Penerbitan pranko ini dimaksudkan untuk memenehi kebutuhan sehari-hari. Harga pranko ini pun beragam. Ada yang murah dan juga ada yang mahal. Jika prako satu ini menipis, pranko tersebut akan dicetak ulang sesuai kebutuhan.

Prangko Peringatan

Source by Tokopedia

Prangko peringatan yaitu prangko yang penerbitannya dikaitkan dengan suatu kejadian atau peristiwa. Dalam artian penerbitan pranko ini untuk memperingati kejadian atau peristiwa. Baik itu bersifat nasional ataupun internasional. Contoh dari pranko peringatan yaitu 100 pranko Indonesia, 10 tahun konferensi Asia Afrika dan masih banyak lagi.

Pranko Istimewa

Source by Tokopedia

Penerbitan pranko istimewa bermaksud untuk menarik perhatian masyarakat. Dari mulai dalam negeri, maupun luar negeri. Penarikan perhatian masyarakat tersebut dalam artian untuk kegiatan yang akan dilancarkan oleh pemerintah. Contohnya ada pranko seri pariwisata 1988 dan pranko seri world cup italia 1990.

Prangko Amal

Source by Bukalapak

Seperti namanya, pranko ini bertujuan untuk menghimpun dana bagi kepentingan amal. Pendapatan dari hasil penjualannya pun akan disumbangkan kepada suatu badan amal yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Contoh dari pranko amal yaitu pranko hari sosial III (1960) dan pranko hari sosial IV (1961)

Prangko untuk Tujuan Khusus

Source by Tokopedia

Selain pranko yang disebutkan sebelumnya ada pranko yang diterbitkan dengan tujuan khusus. Prangko-prangko tersebut dicetak untuk keperluan khusus dimana tidak sempat diterbitkan prangkonya. Contohnya adalah pranko seri bencana alam yang dikeluarkan pada tahun 1953 dan 1961.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *