Kecelakaan Pesawat Terbesar Sepanjang Sejarah

oleh -1.056 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pejalanan udara menggunakan sebuah pesawat memang dapat mempersingkat waktu dari pada kita harus menggunakan jalur darat. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya aman. Tidak sedikit insiden kecelakaan udara yang terjadi di dunia ini. So, berikut kecelakaan pesawat terbesar sepanjang sejarah. (fb)

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi

5. American Airlines Flight 191 -1979

Source by Youtube WGN News

Pada posisi kelima ada kecelakaan pesawat American Airlines yang merupakan kecelakaan terburuk di Amerika Serikat. Bencana itu disebabkan oleh prosedur pemeliharaan yang salah dan diikuti oleh personil pesawat. Kecelakaan mulai terjadi ketika setelah pesawat lepas landas, ketika itu salah satu mesin dari sayap kiri pesawat terpisah dan membalik di bagian atas sayap.

Ada sebanyak 273 penumpang yang masih berada di dalam pesawat dan dua orang lainnya terlempar ke udara atas kejadian tersebut.

4. Turkish Airlines Flight 981 – 1974

Source by The New York Times

Kecelakaan pesawat terbesar sepanjang sejarah selanjutnya dikarenakan oleh cacat desain dan kegagalan penanganan bagasi Maroko. Hal tersebut menyebabkan dekompresi di bagian kabin dan memutus kabel yang menghubungkan dek penerbangan dengan pesawat, kemudi, dan dua mesin.

Tercatat 346 penumpang pesawat tewan karena kecelakaan pesawat tersebut yang jatuh di Hutan Ermenohville di utara Paris.

3. Tabrakan Udara Charkhi Dadri – 1996

Source by Blogger More Than Just Information

Mungkin kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh tabrakan di udara jarang sekali terjadi. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya kecelakaan pesawat. Seperti yang terjadi di atas kota Charkhi Dadri yang melibatkan Saudia Flight 763 dan Kazakhstan Flight 1907.

Kecelakan yang menewaskan 349 orang ini terjadi setelah pesawat Ilyushin dipersilahkan untuk turun ke ketinggian 15.000 kaki.Namun, pilot melewati batas menjadi 14.500 kaki. Sementara pesawat 747 sedang naik ke arah yang berlawanan.

2. Japan Airlines Flight 123 – 1985

Source by Japan Subculture Research Center

Berikutnya ada kecelakaan pesawat yang menimpa Japan Airlines penerbangan 123. Sayap pesawat tersebut menabrak punggung gunung, dan mendarat di bagian punggungnya setelah 32 menit di udara. Kecelakaan tersebut disebabkan oleh dekompresi eksplosif yang menyebabkan hilangnya kemudi dan sistem hidrolik, secara efektif melumpuhkan kendali pilot atas pesawat.

Tercatat ada sebanyak 520 orang penumpang tewas karena kejadian tersebut dan 4 lainnya selamat.

1. Bencana Bandar Udara Tenerife – 1997

Source by Grid.id

Kecelakaan pesawat terbesar sepanjang sejarah yang pertama adalah bencana di bandara udara Tenerife. Kejadian bermula ketika sebuah pesawat KLM berusaha lepas landas tanpa izin. Sementara, pesawat Pan Am yang berada di landasan yang sama siap untuk meluncur. KLM berusaha untuk melewati Pan Am namun tidak bisa. Pada akhirnya bagian bagian bagian perut pesawat KLM menabrak bagian belakang pesawat Pan Am.

Kecelakaan yang terjadi karena komunikasi yang buruk dan kebingungan mengenai kontak radio ini dan kabut tebal menewaskan 583 orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.