Kecelakaan Pesawat Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

oleh -228 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Jika pada sebelumnya kita membahas mengenai Kecelakaan Pesawat Terbesar Sepanjang Sejarah. Kali ini Zetizen Cirebon akan merangkum seputar kecelakaan pesawat terbesar yang pernah terjadi di indonesia. Ada banyak sekali alasan yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat di Indonesia. Dari mulai kesalahan teknis, cuaca ataupun yang lainnya. So, berikut kecelakaan pesawat terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. (fb)

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi

5. Air Asia – 2014

Source by CNN Indonesia

Pada tahun 2014 lalu, pesawat dengan maskapai penerbangan Air Asia dengan penerbangan 8501 jatuh di Laut Jawa. KNKT atau Komite Nasional Keselamatan Transportasi menyatakan penyebab terjadinya kecelakaan pesawat tersebut karena adanya kerusakan pada bagian rudder-travel-limiter (FAC) bagian pesawat yang membatasi gerakan rudder di ekor pesawat.

Puing-puing pesawat dan juga korban jiwa sebanyak 162 orang ini mulai ditemukan dua hari setelah kejadian tersebut.

4. Lion Air – 2018

Selanjutnya ada pesawat dengan maskapai penerbangan Lion Air dengan nomor penerbangan JT-610 yang jatuh di perairan Karawang pada 2018 kemarin. Setelah lama mencari penyebab terjadinya kecelakaan pesawat tersebut, akhirnya KNKT menemukan dua penyebab yaitu kurangnya informasi teknis yang dibagikan kepada pilot terkait dengan sistem di dalam penerbangan pesawat Boeing 737 MAX tersebut dan kesalahan perawatan pesawat.

Tercatat 189 orang menjadi korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Diantaranya adalah 179 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak, 2 bayi, 2 pilot dan 5 kru.

3. Lion Air – 2004

Sebelum terjadinya kecelakaan yang menimpa maskapai penerbangan Lion Air pada 2018. Pada 2004 pun Lion Air sempat mengalami kecelakaan pesawat. Pesawat dengan nomor penerbangan 538 ini tergelincir saat mendarat di bandara udara Adisumarmo, Solo.

Dalam kecelakaan pesawat yang terjadi pada 30 November 2004 lalu itu menewaskan sebanyak 26 penumpang dan 142 penumpang luka-luka.

2. Silk Air – 1997

Berikutnya ada kecelakaan pesawat yang menimpa maskapai penerbangan Silk Air dengan rute Jakarta-Singapura. Penyebab pesawat yang jatuh di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan berbeda dengan kecelakaan pesawat sebelumnya. Penyebab jatuhnya pesawat ini yakni pilot Kapten Tsu yang sengaja bunuh diri dengan menjatuhkan pesawatnya ke Sungai Musi.

Dengan terjadinya kecelakaan tersebut sebanyak 97 penumpang dan 7 awak kabin tewas seketika.

1. Garuda Indonesia – 1997

Pada posisi pertama kecelakaan pesawat terbesar di Indonesia yaitu yang menimpa maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Pesawat dengan jenis Airbus A300-B4 dengan nomor penerbangan GA 152 ini jatuh di Sibolangit, Deliserdang, Sumatera Utara. Karena kabut tebal yang menutupi pandangan sang pilot menyebabkan pesawat berbelok ke kiri yang harusnya ke kanan dan mengenai puncak pohon.

Kecelakaan yang menyebabkan 234 orang tewas ini merupakan kecelakaan terbesar yang pernah terjadi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *