Kenali Istilah Doxing dan Bahaya Bagi Para Konten Kreator

oleh -549 views
Doxing

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah mendengar istilah doxing? mungkin tidak terdengar familar untuk sebagian orang. Di era digital seperti saat ini, identitas pribadi menjadi hal terpenting sehingga harus dijaga serapat mungkin . Karena belakangan ini banyak terjadi kasus doxing terhadap konten kreator. (sno)

Liputan6.com Lapor ke Polda Terkait Kasus Doxing Jurnalisnya | Pusat Siaran  Pers Indonesia

Doxing adalah suatu pebuatan penyebarluasan infomasi pribadi secara publik terhadap individu atau kelompok yang dapat merugikan satu belah pihak.

Dikutip dari¬†The Conversation USA, kata doxing berasal dari istilah internet yang cukup lama, yaitu dari gagasan mengumpulkan dokumen atau “docs” pada seseorang. Dari kata itulah istilah doxing dibuat dan dikenal hingga saat ini.

Rawan sekali terjadi pembocoran data terhadap para konten kreator dimana biasanya seseorang mengumpulkan berbagai data  informasi pribadi seseorang yang ditargetkan dengan berbagai cara seperti mengambil informasi untuk umum. Bahkan melakukan akses database pribadi secara ilegal lewat sistem komputer yang biasa disebut hacking.

Doxing juga dapat dianggap ilegal jika informasi tersebut diposting dengan tujuan melecehkan korban, mengintimidasi mereka, menyerang privasi mereka, atau membuat mereka diserang.

Kasus Doxing Kembali, Satu Vtuber Indonesia Terkena Akibatnya -  Animenyus.com - Berita Anime dan Jepang

Pernah terjadi kasus pada Vtuber asal Indonesia bernama Ika Gayou yang telah dibocorkan data pribadinya lewat komen video miliknya. Data tersebut secara lengkap mengenai data dirinya, umur, bahkan tempat tinggalnya. Akhirnya ia memutuskan untuk berhenti sementara untuk membuat konten karena trauma yang dialaminya.

Lihat juga: Pemerintah Amerika Memasukan Xiaomi Kedalam Daftar Hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *