Kepala Gatal Saat Memakan Makanan Pedas? Berikut Alasannya

oleh -50 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Bagi kamu pecinta makanan pedas, pastinya makanan akan terasa hambar jika tidak adanya sambal. Namun, apakah kepalamu pernah merasakan gatal saat memakan makanan pedas? Eits jangan khawatir dulu sob. Ternyata kepala gatal saat memakan makanan pedas ada penjelasan ilmiahnya lho.

Sebab dari kepala gatal saat memakan pedas adalah karena tubuh kamu sedang dalam kondisi panas dan bercucuran keringat. Karena hal tersebut, timbulah rasa gatal di area kepalamu.

Secara ilmiah rasa gatal pada area kepala saat memakan makanan pedas disebut dengan cholinergic urticaria. Hal terseut terjadi karena adanya kandungan zat kimia aktif microptaprotomerase pada makanan pedas sob. Zat kimia tersebut sangat mudah untuk menyerap ke pembuluh darah kita dan tercampur oleh darah kita.

Zat microptaprotomerase akan ikut mengalir ke seluruh tubuh ketika darah mulai mengalir dari jantung ke seluruh bagian tubuh. Saat darah yang mengandung zat microptaprotomerase sampai di kepala, darah akan menuju otak sedangkan zat akan menuju kantong rambut.

Karena adanya zat microptaprotomerase yang mengumpul pada kantong rambut, menyebabkan kulit kepalamu akan memiliki benjolan kecil. Hal tersebutlah yang meyebabkan rasa gatal sob. Semakin banyak rasa pedas yang terdapat disebuah makanan yang kamu santap, akan semakin banyak juga zat microptaprotomerase pada kantong rambutmu.

Tenang saja sob, hal tersebut tidak berbahaya bagi kesehatanmu kok. Kondisi tersebut sangat normal dan tidak akan berdampak panjang. Rasa gatal tersebut akan perlahan menghilang ketika zat microptaprotomerase mulai berkurang di kulit kepalamu.

Baca artikel selanjutnya Berikut Alasan Mengapa Tubuh Haus Setelah Makan Es Krim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *