Kisah Inspiratif Coco Chanel si Ratu Mode!

oleh -14 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasti kamu tidak asing dengan merk chanel yang mendunia dan harganya yang mahal. Namun, tahukah kamu bagaimana kisah chanel sampai terkenal sekarang dan menjadi sorotan fashion saat ini? Ternyata, ada kisah inspiratif chanel ini lho! (tika)

Penasaran? Langsung aja yuk ke pembahasan berikut ini.

1. Lahir dalam keterbatasan

Perancang busana chanel yang bernama Coco Chanel ini, nama aslinya adalah Gabrielle Bonheur Chanel. Lahir pada 19 Agustus 1883 di Saumur, Prancis. Dia lahir dalam kemiskinan kedua orang tuanya yang tidak menikah. Ayahnya seorang pedagang dan ibunya seorang tukang cuci harian. Ibunya meninggal karena bronkitis yang kemudian ayahnya menyerahkan chanel ke panti asuhan. Ia besar di panti asuhan oleh biarawati dan belajar menjahit pakaian yang menjadi modal menjadi seperti sekarang ini.

2. Menjadi penyanyi kafe

Selain ia pandai menjahit, ia juga memiliki suara yang indah. Ini menjadikan kesempatan untuk mencari uang. Mengadu nasib sebagai penyanyi kafe, dia memperoleh nama sapaan “Coco”.  Melansir dari kompas.com, The Atlantic menulis, nama tersebut diambil dari kependekan kata “cocotte” yang pernah diucapkan oleh Chanel. Cocotte merupakan kata dalam bahasa Prrancis yang berarti wanita simpanan.

3. Menjual topi

Coco Chanel bertemu dengan Etienne Balsan dan menjalankan bisnis topi. Namun, akhirnya Chanel memilih berbisnis dengan temannya yang lebih kaya yaitu Arthur ‘Boy’ Capel. Kemudian Chanel membuka toko pertamanya di Paris’s Rue Cambon pada 1910 dan menjual topi. Bisnis topi tersebut berjalan mulus hingga Chanel membuka butik bernama Chanel Modes di Paris. Tiga tahun setelahnya, Chanel membuka butik kembali di Deauville.

4. Menjadi perancang busana yang terkenal dan inovatif

Coco chanel semakin terkenal dan membuat rancangan yang belum ada sebleumnya. Membuat mantel wanita tanpa sabuk sehingga terlihat ramping dan keren. Salah satu karyanya yang terkenal adalah little black dress, gaun hitam yang elegan sekaligus mewah. Gaun sepanjang lutut dan tanpa lengan ini dengan cepat menjadi favorit banyak perempuan sekaligus menjadi indikator strata sosial pemakainya.

Kisah inspiratif Coco Channel membuktikan bahwa kesuksesan bukan hanya dimiliki orang-orang kaya tetapi siapapun bisa mendapatkannya dengan usaha dan kerja keras. Jadi, apakah kamu terinspirasi dengan karya dan kisahnya?

baca juga : 6 Tips Berbenah ala Marie Kondo (Metode Konmari)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *