,

Kuliner Khas Bali yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -428 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Makanan khas Bali tidak kalah terkenal dengan objek wisatanya. Bahkan, banyak restoran-restoran di kota lain yang menyediakan hidangan dari Pulau Dewata. Bagi yang sudah pernah merasakannya, pasti akan mengetahui keistimewaannya. (mrg)

Bali memang menjadi destinasi wisata yang kerap dikunjungi turis-turis, baik dari dalam maupun luar negeri. Wajar karena kawasan tersebut menawarkan berbagai tempat liburan yang menyenangkan. Tapi, singgah ke sana tanpa mencoba kulinernya sama saja menolak kesempatan emas. Pasalnya, makanan dari Bali sangat khas. Berbeda sekali dengan sajian dari Pulau Jawa, Kalimantan atau bahkan hidangan western.

Sebab, bumbu rempah yang digunakan sangat khas. Membuat makanan bercita rasa lezat dan susah terlupakan.

Berikut ini adalah daftar kuliner khas Bali yang wajib kamu cicipi jika kamu berkunjung.

 

Rujak Bulung Kuah Pindang

 

 

Jika biasanya Anda menyantap rujak yang dibumbui cuka, di Bali berbeda karena ada olahan rujak dengan kuah ikan tuna. Makanan bernama rujak kuah pindang ini terbuat dari irisan mangga muda dan kuah yang super pedas.

Tapi, apabila ingin lebih komplit bisa menambah isian dengan berbagai macam buah, seperti bengkuang, kedondong atau rumput laut (rujak bulung). Biasanya, jenis rumput laut yang digunakan adalah bulung boni.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Bandung yang Wajib Kamu Cicipi

 

Ayam / Bebek Betutu

 

 

Kuliner ini berupa ayam atau bebek utuh yang bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu rempah. Konon, bebek betutu adalah makanan favorit para raja di Bali. Teknik pengolahannya cukup unik, yakni daging bebek yang telah dibumbui akan diberi pijatan-pijatan terlebih dulu supaya lebih empuk dan bumbunya meresap ke tulang. Setelah itu, dibungkus daun pisang atau daun pinang dan dipanggang.

Proses pematangannya memakan waktu sehari semalam menggunakan bara api sekam. Cita rasa yang dihadirkan, yaitu gurih dan pedas. Biasanya, makanan tersebut dihidangkan pada upacara keagamaan. Tapi, sekarang menjadi menu wajib yang ada di restoran-restoran mewah. Beberapa rumah makan yang menyediakannya adalah Ayam Betutu Liku, Ayam Betutu Men Tempeh dan Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

 

Sate Lilit

 

 

Kuliner khas Bali yang selanjutnya adalah Sate Lilit. Sesuai dengan namanya, olahan sate ini dibuat dengan cara melilitkan bahan utama pada batang daun serai atau tangkai bambu. Sehingga, menimbulkan aroma yang sedap. Beberapa jenis daging yang kerap digunakan adalah ayam, sapi, babi dan ikan tenggiri. Tapi, sampai saat ini pilihan terakhir masih menjadi favorit, meskipun harganya mahal. Daging tersebut dicincang dan dicampur dengan rempah khas Bali sebelum dililitkan.

Tidak sulit untuk menemukan sate lilit karena hampir semua rumah makan menghidangkan menu ini.

 

Sumber : Gotravelly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.