,

Kuliner Khas Gorontalo yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -430 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gorontalo, sebuah kota yang memiliki julukan “Kota Serambi Madinah” atau sering juga disebut Kota Hulontalo merupakan Ibukota Provinsi Gorontalo yang letaknya berada di Pulau Sulawesi Utara.

Kota ini terkenal akan eksotisnya keindahan alam di sana. Gorontalo memang terkenal, namun masih jarang orang yang menyinggahinya, sehingga keindahan alamnya masih terjaga secara natural. Kekayaan Gorontalo bukan hanya keindahan alam saja. Namun, dalam segi kuliner, Gorontalo juga menyimpan segudang kuliner khas yang lezatnya tak kalah dengan kuliner di daerah lain. (mrg)

Berikut ini adalah daftar kuliner khas Gorontalo yang wajib kamu cicipi. Check this out!

 

Sate Tuna

 

 

Indonesia selain kaya akan kuliner soto, juga kaya akan berbagai kuliner sate, salah satunya sate yang berasal dari Gorontalo. Jika Anda membayangkan sate yang terbuat dari olahan daging, maka kamu salah, sate yang berasal dari Gorontalo ini berbahan dasar ikan, tepatnya ikan tuna.

Ini adalah salah satu menu favorit dari masyarakat Gorontalo. Untuk memperoleh sate tuna ini, kamu dapat menemukannya di kawasan pantai. Untuk rasa, tentu tidak pelru diragukan, daging yang lembut, serta bumbu yang pas, tentunya sangat menggugah selera makan.

Yang harus kamu ingat, ketika mengkonsumsi kuliner yang satu ini, karena daging ikan tuna ini mudah sekali putus. Kuliner ini paling pas jika disantap bersama nasi hangat dan sambal.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Kediri yang Wajib Kamu Cicipi

 

Ayam Iloni

 

 

Ayam Iloni adalah makanan khas Gorontalo berikutnya. Bahan utama untuk membuat penganan ini adalah ayam, teknik memasaknya adalah dengan cara dibakar, yang membedakan antara ayam bakar Iloni dengan ayam bakar lainnya adalah bumbu yang digunakan.

Racikan ayam panggang Iloni ini adalah kunyit, jahe, kemiri, bawang merah, bawang putih, serta aneka bumbu khas lainnya. Berbagai macam racikan bumbu tersebut, tentunya membuat ayam tersebut mengeluarkan cita rasa yang khas, apalagi jika ditambah dengan santan, tentunya membuat ayam ini mempunyai cita rasa yang sempurna.

Setelah bumbu diungkep dengan berbagai macam bumbu seperti yang telah dijelaskan di atas, baru ayam tersebut dipanggang di atas bara api.

 

Binte Biluhuta

 

 

Kuliner khas Gorontalo yang selanjutnya adalah Binte Biluhuta. Nama Binte sendiri adalah jagung sedangkan Biluhuta sendiri adalah siram. Jadi, Binte Biluhuta ini adalah jagung yang disiram.

Kuliner ini terdiri atas jagung ketan putih, parutan kelapa, udang, ikan cakalang suwir, yang kemudian disiram berbagai macam bumbu rempah khas Gorontalo.

Makanan ini paling enak jika dikonsumsi ketika masih panas, dan akan lebih lezat jika ditambah dengan irisan daun bawang, kemangi, tomat, dan juga cabai. Untuk menambah aroma, Anda dapat menambahkan perasan air jeruk suwanggi. Kuliner ini dapat Anda konsumsi pada pagi atau malam hari.

 

Sumber : Gotravelly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.