,

Kuliner Khas Indramayu yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -575 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibu kotanya adalah Indramayu. Nama Indramayu berasal dari kecantikan putri Raden Arya Wiralodra bernama Nyi Endang Darma Ayu, yaitu salah satu pendiri Indramayu abad 1527 M. Nyi Endang Darma Ayu. Sebutan Darma Ayu lama kelamaan menjadi Dermayu dan In Darmayu, kemudian menjadi Indramayu.

Ada banyak ragam seni dan budaya yang ada pada daerah ini yang bisa kamu pelajari. Tak hanya itu, Indramayu juga memiliki kuliner-kuliner khasnya sendiri.

Berikut adalah daftar kuliner khas Indramayu yang wajib kamu cicipi ketika kamu mengunjunginya. (mrg)

 

Burbacek

 

 

Burbacek sendiri sebenarnya singkatan dari bubur, rumah dan cecek. Itu artinya kuliner yang satu ini terdiri atas 3 jenis kuliner, yaitu bubur, dengan tambahan rumbah dan cecek. Cecek ini adalah kikil sapi, kikil ini terlebih dahulu dimasak menggunakan parutan kelapa yang ditambah dengan bumbu cabai merah.

Kuliner yang satu ini kaya rasa, adanya rasa asam pedas dari rumbah, serta rasa gurih pedas dari cecek membuat kuliner yang satu ini pas jika dikonsumsi ketika siang hari. Mencari kuliner yang satu ini juga tidak sulit, karena kuliner ini banyak dijajakan di hampir setiap kawasan di Indramayu.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Tasikmalaya yang Wajib Kamu Cicipi

 

Pedesan Entog

 

 

Kuliner khas Indramayu ini pas untuk Anda yang menyukai makanan dengan cita rasa pedas. Pedesan yang berarti rasa pedas, sedangkan entog adalah binatang sejenis bebek. Jadi pedesan entog adalah kuliner sejenis bebek yang dimasak menggunakan bumbu pedas.

Seperti diketahui bersama entog adalah salah satu jenis bebek yang memiliki tekstur daging yang cukup tebal, sekaligus terkenal akan dagingnya yang amis. Namun jika memasaknya tepat, maka aroma amis tidak akan tercium.

Bumbu yang digunakan untuk memasak kuliner khas Indramayu yang satu ini memang cukup banyak, hal ini untuk menutupi serta membuat cita rasa masakan semakin kaya dan semakin nikmat untuk disantap. Adapun bahan bumbu yang biasanya digunakan antara lain tomat, serai, daun jeruk, kecap manis, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, lengkuas, garam, dan tidak lupa cabai merah.

 

Rumbah

 

 

Rumbah ini mirip seperti lotek di Bandung atau Gado-gado di Jakarta. Ini adalah kuliner yang menggunakan beberapa jenis sayuran yang sudah dikukus / direbus sebelumnya, kemudian diberi bumbu kacang. Adapun jenis sayuran yang biasanya digunakan untuk kuliner yang satu ini antara lain kangkung, kacang panjang, taoge, kol, timun, dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Yang membedakan antara kuliner yang satu ini dengan jenis kuliner yang ada adalah adanya tambahan kuah yang digunakan. Adanya sambal asam dan dicampur dengan air petis. Air petis ini sendiri terbuat dari air sisa ikan laut yang dimasak, dan ditambah dengan gula merah.

 

Sumber : Gotravelly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.