,

Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -356 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kuliner khas Jogja sejak dulu selalu mampu menyisakan kerinduan bagi para warganya yang sedang merantau ke luar kota. Sebab, berbagai kulinernya memang menggugah selera, sehingga membuat mereka teringat kampung halaman. (mrg)

Daerah Istimewa Yogyakarta memang kerap meninggalkan kesan tersendiri bagi tiap orang yang pernah mengunjunginya. Kekayaan budaya yang masih terjaga hingga kini, ditambah panorama alamnya sanggup membuat mereka terpesona dan ingin kembali lagi. Tidak hanya itu, sajian kuliner di kota tersebut pun selalu membuat mereka jatuh hati.

Biasanya, ketika kita mendengar kuliner khas Jogja hal pertama yang kita pikirkan adalah gudeg. Padahal masih ada lagi kuliner khas Jogja yang nikmat dan mengguggah selera.

Berikut adalah daftar kuliner khas Jogja yang wajib kamu cicipi ketika datang berkunjung. Check this out!

 

Sate Klatak

 

 

Hidangan ini kerap diburu oleh para wisatawan karena selain memiliki tampilan yang unik, rasanya pun bisa membuat ketagihan. Padahal, sebenarnya sate klatak hanyalah potongan daging kambing yang diberi bumbu rempah sederhana, seperti garam serta ketumbar dan ditusuk menggunakan jari-jari roda sepeda. Berbeda dengan sate biasa yang tusukkannya berupa lidi.

Benda tersebut dipilih karena mampu menghantarkan panas dengan baik. Sehingga, ketika proses pembakaran, bagian dalam daging dapat matang dengan sempurna. Makanan itu lebih enak disantap bersama nasi, kecap atau kuah gulai dan potongan cabai rawit.

 

Tengkleng Gajah

 

 

Kata “gajah” pada santapan ini bukan merujuk ke bahan yang digunakan, melainkan porsi penyajiannya yang cukup besar. Jadi, tengkleng gajah merupakan hidangan semacam sup dan gulai dengan isian daging, jeroan serta tulang kambing dalam porsi besar. Pada tulangnya, terdapat daging yang menempel dan sumsum yang tersembunyi.

Saat pertama kali masuk ke mulut mampu membuat kamu tidak akan berhenti mengunyah.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Bali yang Wajib Kamu Cicipi

 

Tiwul

 

 

Makanan ini tidak hanya terkenal di Jogja, melainkan beberapa daerah lain di Indonesia, terutama Pulau Jawa. Meskipun tergolong jajanan pasar, tapi rasanya cocok di lidah masyarakat. Sehingga, tidak heran apabila tiwul mempunyai banyak penggemar dari berbagai kalangan. Di samping enak, alasan ia selalu diburu peminatnya adalah karena amat mengenyangkan.

Padahal, komposisinya sangat sederhana. Cuma singkong yang dijemur hingga kering atau biasa disebut gaplek, lalu ditumbuk dan dikukus sampai matang. Setelah itu, diberi taburan gula dan kelapa parut. Dulu, kudapan dari Gunungkidul tersebut pernah menjadi makanan pokok masyarakat sebagai ganti beras yang harganya terlampau mahal.

Seperti menyantap nasi pada umumnya, tiwul juga disajikan bersama sayuran dan lauk pauk. Saat ini, kamu bisa menjumpai penjual tiwul yang berdagang keliling di sekitar Jogja pada pagi hingga menjelang siang. Terkadang ada pula yang masih menjajakannya di sore hari.

 

Belalang Goreng

 

 

Camilan tersebut sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh, terutama bagi orang yang menyukainya atau penasaran dengan rasanya. Makanan khas Gunungkidul, Yogyakarta ini menggunakan belalang kayu sebagai bahan utamanya. Sebab, sangat mudah ditemukan di daerah itu dan biasanya ada di semak-semak atau hinggap pada dahan pohon jati.

Menurut beberapa orang, setelah digoreng rasa dagingnya seperti udang. Memiliki tekstur yang gurih dan renyah, sehingga cocok dijadikan makanan ringan. Apalagi, telah dibumbui bawang putih, garam, ketumbar dan aneka rempah lain, semakin membuat kelezatan rasanya terasa. Sangat baik dikonsumsi karena serangga ini mengandung protein yang tinggi.

 

 

Sumber : Gotravelly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.