,

Kuliner Khas Padang yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -367 views

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Padang memang dikenal dengan kuliner khasnya yang memiliki cita rasa yang lezat dan pastinya akan menggugah selera makan. Bukan hanya nasi padang yang sudah populer di berbagai kalangan, sebenarnya ada banyak kuliner lain yang tak kalah lezat untuk kamu coba. (mrg)

Aneka kuliner khas Padang memang terkenal memiliki rasa yang khas dan kuat. Oleh sebab itu, kebanyakan orang gemar untuk menyantap masakan khas Padang.

Sederet makanan seperti rendang atau sate padang merupakan kuliner yang lebih dulu telah populer di tengah masyarakat. Untuk mendapatkannya juga tak sulit karena banyak sekali yang menjualnya tanpa kita harus pergi ke tempat asalnya terlebih dahulu.

Tapi, ada juga beberapa kuliner khas Padang yang jarang kamu temui di beberapa restoran padang. Berikut ini adalah daftar kuliner khas padang yang wajib kamu cicipi ketika kamu datang berkunjung.

 

Sate Lokan

 

 

Berbeda dengan sate padang. Sate lokan memang terdengar asing karena tak banyak yang tahu jenis makanan ini. Lokan merupakan sejenis kerang yang bisa ditangkap di pesisir laut. Kerang ini mempunyai tekstur yang unik karena ada rasa lembut di dalamnya namun gurih pada bagian luarnya.

Lokan begitu terkenal di Padang dan menjadi favorit masyarakat. Memang dari segi bumbu tidak banyak yang berbeda dengan sate Padang akan tetapi penggunaan jeruk nipis atau nanas pada saat membakar sate membuat rasanya lebih nikmat tanpa ada bau amis seperti kerang laut lainnya. Disantap dengan nasi yang panas pasti akan menambah kenikmatan dari sate lokan ini.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Kamu Cicipi

 

Soto Padang

 

 

Jika berada di Jawa maka yang terkenal adalah soto Lamongannya, jika berada di Sulawesi maka yang terkenal adalah coto Makassarnya, nah untuk wilayah Sumatera maka yang paling terkenal adalah soto Padangnya.

Uniknya makanan tersebut meskipun nama yang sama akan tetapi memiliki rasa yang berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. Soto Padang memiliki ciri khasnya menggunakan daging goreng atau dendeng pada topingnya.

Belum lagi penggunaan bihun dan kentang sebagai pengganti nasinya. Kuah soto yang umumnya berwarna hijau kekuningan akan berbeda dengan soto Padang karena hanya menggunakan kaldu sapi untuk kuahnya sehingga terlihat lebih bening dan segar.

 

Lompong Sagu

 

 

Semakin hari semakin sulit ditemui keberadaan kue khas Padang ini karena tergeser dengan makanan yang baru. Lompong sagu merupakan makanan khas yang berasal dari tanah minang dan sering disajikan pada pesta adat.

Lompong sagu terbuat dari parutan sagu, parutan kelapa, pisang kepok, santan, dan larutan gula merah yang dicampur dan dibuat dengan cara dipangang.

Aroma pemanggangan merupakan ciri khas dari kue ini saat disajikan dengan rasa gurih yang berasal dari sagu dan kelapa. Rasanya legit, manis, kenyal, dan tentunya enak.

 

Sumber : Gotravelly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.