,

Kuliner Khas Semarang yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -24 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tidak lengkap rasanya bila berwisata ke Jawa Tengah tanpa mampir ke Kota Semarang. Kota yang diberi julukan Venetie van Java (Venesia di Pulau Jawa) ini tidak hanya menawarkan keragaman destinasi wisata yang menarik, tapi juga makanan khas yang akan membuatmu gagal diet. Tidak heran jika pada tahun 2015, Semarang dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner unggulan oleh Kementrian Pariwisata. (mrg)

Berbagai macam makanan olahan ayam, sapi, dan ikan dengan cita rasa yang khas dapat dengan mudah kamu temui setiap sudut kota Semarang. Beberapa diantaranya merupakan kuliner legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1940an. Nah, berikut ini adalah rekomendasi kuliner khas Semarang yang wajib kamu cicipi jika kamu datang berkunjung. Check this out!

 

Nasi Goreng Babat Gongso

 

 

Nasi goreng babat gongso oalah nasi goreng lezat yang sajiannya itu semakin lengkap karena tambahan babat atau kulit sapi yang dipotong berukuran 3 x 4 cm. Dengan tambahan bumbu bawang merah dan putih, terasi, kecap dan cabai merah, nasih goreng babat akan berwarna kecoklatan dan dijamin memiliki rasa yang sangat lezat dan membuat kamu ketagihan.

Akan semakin nikmat jika kamu menambahkan telur untuk di orak-arik di atas hidangan nasi goreng babat gongso. Bagi kamu yang tertarik, kamu juga bisa menambahkan limpa, paru rebus dan iso sebagai urapan yang membuat nasi goreng babat gongso semakin nikmat untuk dicicipi.

 

Soto Bangkong

 

 

Menu terbaik khas kota Semarang selanjutnya ialah soto bangkong yang telah terkenal dengan kelezatannya yang tidak main-main. Hingga saat ini, rumah makan yang memperkenalkan menu soto bangkong ini semakin laris dan teru berkembang dengan membuka cabang di hampir seluruh pulau jawa.

Soto bangkong disajikan dalam mangkuk kecil dengan irisan sueiran ayam, tauge, irisan tomat, bihun dan taburan bawang putih dan merah. Dijamin, rasanya akan membuat lidah Anda tergoyang dan ingin memakannya lagi dan lagi.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Gorontalo yang Wajib Kamu Cicipi

 

Tahu Petis

 

 

Sesuai namanya, kuliner yang satu ini pasti terbuat dari tahu dan petis sebagai bahan dasar pembuatannya. Tahu yang akan diolah biasanya akan disayat terlebih dahulu dan diisi dengan petis. Pastikan irisan tahu tidak sampai terbelah dan juga tidak terlalu padat. Tahu petis kemudian akan digoreng hingga garing.

Akan semakin nikmat jika menikmati tahu petis dengan tambahan cabai rawit, terlebih bagi Anda yang menggilai makanan pedas. Petis sendiri merupakan sejenis olahan dari sisa cairan perebusan udang atau ikan yang kemudian dipanasi hingga kental dan menjadi saus kehitam-hitaman.

 

Bandeng Presto

 

 

Bendeng presto juga menjadi salah satu kuliner terbaik khas Semarang yang layak kamu cicipi saat mengunjungi Semarang. Bandeng presto terbuat dari olahan ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto. Hal ini digunakan untuk melunakkan dan menghilangkan duri ikan bandeng yang terlampau banyak.

Presto merupakan sebuah teknik memasak dengan menggunakan tekanan uap air yang tinggi. Serta biasanya panci akan dikunci rapat agar airnya tidak meluap. Selain itu, tambahan daun pisang juga dibutuhkan untuk memasak dengan cara presto di bagian bawahnya. Namun, ingat jangan lupa bumbu yang harus di baluri pada ikan bandeng sebelum memasaknya.

 

Sumber : Gotravelly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *