,

Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -410 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Surabaya adalah salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Ragam kuliner khas Surabaya yang bervariasi membuatnya menjadi salah satu kota tujuan kuliner di pulau Jawa. (mrg)

Variasi kuliner khas Surabaya pun berasal dari banyak lapisan. Kamu dapat menikmatinya ala makanan restoran, kafe, warung makan, hingga kedai di pinggir jalan. Mencicipi kuliner Surabaya tidak akan cukup dilakukan dalam sehari karena jumlahnya yang banyak.

Berikut ini adalah kuliner khas Surabaya yang wajib kamu cicipi ketika kamu datang berkunjung. Check this out!

 

Lontong Balap

 

 

Lontong balap adalah makanan khas Surabaya ketiga yang direkomendasikan bagi para pencinta kuliner yang akan berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Kuliner ini terbuat dari campuran lontong, taoge, tahu, daging sapi, dan lento.

Kuah lontong balap berwarna kecokelatan, yang dihasilkan dari siraman bumbu petis. Rasanya tentu tak kalah autentik dengan kuliner-kuliner Surabaya lainnya.

 

Rujak Cingur

 

 

Bagi Anda yang mengaku pencinta rujak, wajib mencoba olahan rujak yang satu ini. Rujak cingur terdiri dari dua jenis, yaitu rujak cingur matengan yang semua bahannya dimasak dan rujak cingur campur buah.

Dalam rujak cingur matengan terdapat lauk lontong, taoge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng dan cingur. Sedangkan untuk rujak cingur campur buah, di dalamnya akan ditambah buah nanas, mangga muda, bengkuang dan mentimun. Makanan khas Surabaya yang satu ini sangat terkenal dan enak.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Tegal yang Wajib Kamu Cicipi

 

Sate Klopo

 

 

Apa jadinya jika kelapa dijadikan sate? Anda harus mencobanya sendiri ketika berkunjung ke Surabaya. Makanan khas Surabaya yang kedua adalah sate klopo. Klopo adalah bahasa Jawa yang berarti kelapa. Sate klopo memang menggunakan buah kelapa sebagai bahan campuran satenya.

Sate klopo terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diberikan lumuran kelapa sebelum dibakar. Hal ini yang menjadi pembeda sate klopo dengan sate-sate lainnya. Jika sate pada umumnya dibakar menggunakan kecap, sate klopo dibalur dulu dengan parutan kelapa sebelum dibakar. Rasa yang ditawarkan oleh sate klopo adalah gurih ala kelapa yang menyatu dengan daging bakar, sehingga sensasi yang ditimbulkan juga tentu tidak biasa.

 

Tahu Telur

 

 

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah tahu telor atau tahu tek. Makanan khas Surabaya satu ini berisi potongan tahu yang dicampur dengan telur, lalu digoreng bersamaan dan dipotong-potong.

Di atasnya ditambahkan taoge, kentang dan kemudian disiram dengan saus kacang pedas ditambah petis khas Surabaya dan kerupuk. Hmm membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.