,

Kuliner Khas Tasikmalaya yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -468 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kota Tasikmalaya memiliki julukan sebagai mutiara dari Priangan Timur. Kota ini sering jadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Salah satu yang paling diburu saat berlibur ke Tasik adalah kulinernya. Sebab disini banyak sekali makanan khas Tasikmalaya yang bisa bikin kamu lupa dengan diet yang sedang kamu jalani. (mrg)

Jika berbicara soal kuliner khas Tasikmalaya memang tidak ada habisnya. Di samping makanan yang unik, rasanya juga bisa bikin penikmatnya ketagihan. Tak heran kalau banyak orang yang membawa makanan khas Jawa Barat ini sebagai oleh-oleh.

Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Tasikmalaya yang wajib kamu cicipi jika kamu berkunjung. Check this out!

 

Soto Tasik

 

 

Sama seperti bakso atau mie ayam, soto juga sudah menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Tapi ada beberapa daerah yang punya soto khas seperti soto Lamongan, coto Makassar. Tidak mau kalah, Tasikmalaya juga punya soto khas tersendiri namanya adalah soto Tasik. Bukan cuma dijual di Tasikmalaya, tetapi soto ini juga sudah terkenal sampai ke mana-mana.

Dari warnanya, kuah soto Tasik kuning bening tetapi tertutup dengan bubuk merica di atasnya. Inilah yang jadi keunikan makanan khas asli Tasikmalaya ini, saat dicicipi rasanya terbilang unik. Bukan cuma segar dan hangat, tetapi punya rasa yang menggigit. Sebab soto khas Tasik diberi taburan bubuk merica yang banyak jadi rasa pedasnya nampol.

Disamping taburan bubuk merica, soto Tasik juga ditambah toping kol dan tauge. Jadi rasanya semakin nikmat dan lezat. Dilengkapi dengan suwiran daging ayam yang membuat rasa soto semakin mantap. Kalau kamu ingin coba nikmat dan lezatnya soto Tasik, kamu bisa datang ke warung Soto Ayam Pataruman.

 

Nasi Tutug Oncom Khas Tasik

 

 

Mungkin buat kamu yang bukan orang Sunda agak aneh mendengar namanya, dan pasti bertanya-tanya, apa sih nasi tutug oncom itu? Namun perlu kamu ketahui bahwa nasi tutug oncom ini adalah salah satu makanan yang sangat khas dan terkenal di Tasikmalaya. Bahkan bukan hanya di Tasik saja, hampir di seluruh Jawa Barat tersedia makanan yang satu ini.

Nasi tutug oncom ini berbahan dasar nasi biasa namun dicampur atau diaduk dengan oncom panggang yang dihancurkan. Kemudian ditambah juga dengan kencur sehingga aroma dan rasanya menjadi semakin nikmat. Dalam satu porsi nasi tutug oncom biasanya terdiri dari nasi yang sudah dicampur oncom dan kencur, ayam goreng, lalapan khas Sunda, sambal, dan tahu goreng atau tempe goreng.

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Tasikmalaya yang satu ini maka kamu bisa datang T.O Benhil yang merupakan salah satu tempat tutug oncom enak di Tasik.

 

Lihat Juga : 5 Jajanan Khas Thailand Yang Wajib Dicoba!

 

Sambal Goang

 

 

Apakah kamu pecinta makanan pedas? Kalau iya, coba rasakan sambal khas dari Tasikmalaya ini, namanya adalah sambal goang. Sambal ini dibuat dari berbagai macam cabai, ditambah dengan bawang kemudian diulek kasar. Umumnya sambal ini dipasangkan dengan nasi tutug oncom dan rasanya benar-benar mantap. Meskipun sambal ini hanya jadi tambahan di dalam menu makanan, tapi menikmati makanan tanpa adanya sambal ini rasanya jadi kurang puas. Oleh sebab itu, tak heran kalau sambal goang ini jadi salah satu makanan khas Tasikmalaya yang populer.

Sebenarnya apa resep rahasia sambal goang ini? Sambal ini terbuat dari bahan berupa cabe rawit, garam, kencur dan bawang putih. Proses pembuatannya cukup mudah. Tinggal haluskan semua bahan tersebut dan disiram dengan sedikit minyak panas hingga aromanya sedap dan cabai agar layu.

Kalau kamu penasaran dengan sambal khas Tasikmalaya ini, ada banyak tempat yang recommended agar bisa menyantap makanan dengan sambal goang. Salah satunya yaitu rumah makan Pepes Jembar.

 

Nasi Cikur

 

 

Salah satu kuliner khas Tasikmalaya Jabar yang bisa kamu icip-icip adalah nasi Cikur. Kedengarannya agak aneh dan lucu, ya? Tapi sebelum mencobanya, kamu nggak akan tahu seperti apa kelezatan kuliner yang satu ini.

Dalam bahasa Sunda, nasi Cikur artinya nasi yang terbuat dari kencur. Biasanya memakai bumbu kencur muda atau yang bertunas dengan umbi yang warnanya masih putih. Inilah yang bisa membuat nasi Cikur memiliki rasa lebih renyah walaupun sedikit getir dan aromanya lebih harum.

Proses pembuatan nasi Cikur sendiri mirip nasi goreng yang perlu bumbu tambahan. Seperti bawang putih, bawang merah, terasi goreng, garam dan kencur muda. Kamu bisa mencicipi lezatnya nasi Cikur yang merupakan kuliner khas Tasikmalaya ini di Nasi Cikur Teh Rena.

 

Sumber : Foodnesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.