,

Kuliner Khas Tegal yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -426 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tegal merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Jika kita mendengar kata Tegal, pasti hal pertama yang terbesit dalam pikiran kita adalah tahu tegalnya. (mrg)

Tegal juga terkenal dengan wartegnya, yakni Warung Tegalnya, yang menjajakan nasi beserta aneka rupa lauk pauknya, yang sering disebut sebagai khas masakan rumahan. Tapi sebenarnya apa saja sih kuliner Tegal itu. Nah berikut adalah daftar kuliner khas Tegal yang wajib kamu cicipi ketika datang berkunjung. Check this out!

 

Glotak

 

 

Glotak itu memiliki rasa yang lezat, meski sekarang banyak yang tidak tahu mengenai kuliner khas Tegal yang satu ini. Bahan dasar pembuatannya Glotak itu ialah gembus, yakni bahan semacam oncom yang dimasak dengan berbagai macam bumbu.

Untuk menambah kelezatannya, maka gembus itu diberi kaldu dari rebusan tulang sapi atau ayam. Sebagian orang juga memberikan irisan cabai ke dalamnya untuk meningkatkan kekayaan rasanya. Makanan dengan bahan utama gembus ini disebut glotak karena pada saat proses pemasakannya menimbulkan suara glotak-glotak, yang timbul dari tulang ayam yang bergesekan dengan panci pada saat diaduk.

Glotak rasanya akan semakin sedap jika ditambah dengan beberapa cabai rawit dan kerupuk antor ataupun kerupuk mie goreng.

 

Olos

 

 

Olos adalah salah satu jenis camilan yang banyak digemari di Tegal. Camilannya berbentuk bulat yang berisi sayuran dan cabai. Olos banyak dijual dalam gerobak-gerobak yang biasanya terdapat di depan sekolah-sekolah. Para pencinta pedas jangan sampai melewatkan camilan khas yang satu ini.

Camilan favorit warga Tegal ini wajib dibeli jika mampir ke Tegal. Olos merupakan jajanan berupa gorengan berbentuk bulat khas Tegal yang hanya bisa dijumpai di Tegal. Hidangan ini terbuat dari tepung kanji dan dicampur tepung terigu serta di dalamnya berisi sayuran kol. Menariknya, kini jajanan Olos ini telah banyak diinovasi dengan beraneka ragam isi, yakni seperti isi sosis, juga ayam, atau keju.

Yang paling nikmat dari Olos ini adalah rasanya yang pedas yang sangat menggoyang lidah karena selain berisi sayur kol atau isian yang lainnya, maka Olos juga berisi cabai rawit.

 

Baca Juga : Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kamu Cicipi

 

Kupat Glabed

 

 

Kuliner Tegal yang khas Tegal yang pertama adalah kupat Glabed. Makanan yang satu ini benar-benar makanan khas Tegal yang hanya akan bisa ditemui dan didapatkan di Tegal, dan tidak ada di kota lainnya. Jadi untuk mencicipi rasa kupat Glabed ini orang harus datang berkunjung ke Tegal.

Lantas seperti apa sih itu kupat Glabed? Kupat Glabed itu merupakan salah satu makanan yang terdiri dari irisan potongan kupat, yakni semacam nasi kepal yang dibungkus daun kelapa dalam pembuatannya, dengan lauknya yang lalu disiram dengan kuah santan berwarna kuning yang akan makin nikmat rasanya jika disantap dengan dilengkapi kerupuk keriting. Kuah dari kupat Glabed ini terbuat dari santan dan tepung maizena yang berbumbu kunyit sehingga warnanya menjadi kuning

 

Teh Poci Tegal

 

 

Teh Poci Tegal atau sering juga disebut teh Slawi, menjadi istimewa jika diseduh dengan air panas dalam poci dari gerabah, aromanya menjadi khas Poci, apalagi jika disajikan dengan gula batu. Hal khas yang membuat rasanya menjadi seperti itu adalah karena ketika teh diseduh air panas, gerabah yang berpori-pori tersebut bereaksi dengan teh dan menimbulkan aroma yang khas.

Sebagian lagi orang menyukai teh jika disajikan dalam poci keramik atau porselen. Kegiatan menyeduh teh tersebut disebut moci, kegiatan moci sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya.

 

Sumber : Gotravelly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.