Microsoft Diserang Hacker Secara Besar-Besaran

oleh -111 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Salah satu masalah besar di internet adalah serangan hacker. Para hacker biasanya melakukan berbagai serangan illegal terhadap pihak tertentu. Bentuk serangan juga macam-macam, mulai dari pencurian data sampai serangan DDoS. Target serangan juga bisa terdiri dari pribadi, Instansi bahkan perusahaan besar. (mrg)

Dilansir dari Gamerant, Microsoft baru saja terkena serangan hacker besar-besaran dari Rusia. Terjadi sebuah serangan hacker besar yang menimpa beberapa perusahaan pemerintah dan swasta di Amerika Serikat termasuk Microsoft.

Hacker Rusia sendiri menjadi tersangka dalam serangan tersebut. Para hacker memanfaatkan software Orion dari perusahaan manajemen IT SolarWinds untuk meluncurkan serangannya. Penyelidikan internal Microsoft mengungkap bahwa serangan tersebut membuat source code, konstruksi bangunan dan instruksi untuk aplikasi dan program komputer terlihat.

 

Baca Juga : Fakta di Balik YouTube Rewind Indonesia 2020

 

Aplikasi milik SolarWind yang berbahaya dalam Microsoft dengan cepat diisolasi dan dihapus. Namun, serangan tersebut menimbulkan pertanyaan tentang keamanan data dan privasi pelanggan. Microsoft telah memastikan bahwa data pelanggan tidak dibobol dan protokol keamanan telah diberlakukan untuk source code.

Profesor teknologi informasi Notre Dame dan mantan pejabat Badan Keamanan Nasional Amerika serikat, Mike Chapple pun memberi tanggapan. Ia yakin bahwa hacker menargetkan produk Microsoft untuk menemukan kerentanan keamanan sekaligus akses ke pengguna Microsoft.

Chapple juga memperingatkan, jika informasi berada di tangan yang salah, maka kasus SolarWind mungkin akan juga terjadi pada produk-produk Microsoft. Memperhatikan hal itu, Microsoft telah mempersiapkan pertahanan terhadap serangan hacker. Terutama karena Microsoft memiliki banyak sekali data pribadi.

Oleh karena itu, pemaparan di atas memberikan gambaran bagaimana hacker menyerang source code Microsoft. Hal itu tentunya menimbulkan kekhawatiran pelanggan. Apalagi mengingat Microsoft memiliki layanan sangat banyak dan pengaruh yang sangat besar terhadap teknologi di masyarakat.

 

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *