Peduli Kesehatan, Sayangi Mata

oleh -47 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Handphone merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap. Di era digital ini hampir seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia sudah menggunakannya, tatapan mereka seperti sudah terikat penuh terhadap monitor. Sayang, sedikit dari mereka yang sadar akan bahaya menatap monitor terhadap kesehatan mata.

Tidak hanya handphone saja ya sob, kita juga harus sadar akan bahaya menatap monitor pada komputer dan televisi secara terus-menerus terhadap mata kita. Nah, berikut merupakan langkah-langkah menjaga kesehatan mata di era digital. Check this out!. (fb)

Baca juga: Makanan yang Membuat Perut Kembung!

Sesuaikan degan Lingkungan Sekitar

Ketika kamu sedang mengerjakan tugas kampus atau sekolah yang berhubungan dengan monitor laptop, komputer, notebook, handphone, atau alat digital yang lainnya pastikan atur posisi duduk kalian senyaman mungkin. Karena hal ini akan berpengaruh proses penururan tingkat kesetresan pada mata kalian

Mengatur Pencahayaan

Pencahayaan itu nggak hanya berasal komputer saja ya sob, pencahayan juga bisa berasal dari ruangan. Pastikan cahaya tersebut nggak berlebihan karena bisa mengiritasi mata dan menegang. Apabila kamu menggunakan lampu meja, pastikan lampu tersebut menyinari meja, bukan malah menyinari kamu.

Selain itu, cobalah duduk di samping jendela, bukan di depan atau belakang Anda. Gunakan juga tirai atau layar untuk mengurangi kesilauan. Posisikan layar komputer untuk mengurangi pantulan dari jendela atau lampu di atas kepala

Mengatur Ukuran Huruf

Bagi kamu yang memiliki masalah penglihatan, kamu bisa mengatur ukuran huruf yang ada di monitor sesuai dengan kenyamanan matamu. Hal ini bisa membantu penglihatanmu, hampir seluruh perangkat bisa menyesuaikan ukuran huruf ataupun gambar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan tidak adanya pengaturan ukuran huruf di perangkat yang sobat pakai.

Perbanyak Mengedipkan Mata

Perangkat kamu memang bisa digunakan terus menerus, tetapi hal ini berbeda dengan kodrat kita sebagai manusia yang juga perlu istirahat ya sob. Oleh karena itu, beristirahatlah setidaknya 20 menit sekali setelah menatap monitor.

Selain itu, jangan lupa berkedip. Ini adalah cara mencuci mata secara alami dengan air mata. Jika Anda memakai kacamata, pastikan memiliki lensa yang tepat untuk komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *