Penyebab Kecelakaan Pesawat yang Sering Terjadi

oleh -444 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Beberapa hari yang lalu tepatnya pada Sabtu (9/1/2021), Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 dengan rute Jakarta-Pontianak terjatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang. Zetizen Cirebon turut berduka cita atas tragedi tersebut. Ada banyak sekali hal yang menyebabkan pesawat mengalami kecelakaan. Berikut daftar penyebab kecelakaan pesawat yang sering terjadi. (fb)

Baca juga: Macam-macam Polisi Tidur yang Perlu Kamu Ketahui

Cuaca

Source by Airport,id

Hal yang sering sekali menyebabkan jatuhnya pesawat adalah karena kondisi cuaca yang terbilang ekstrim. Walaupun pesawat telah didukung oleh banyak alat canggih seperti kompas gyroscopic, navigasi satelit, dan uplink data cuaca, pesawat tetap tidak dapat menghalau cuaca buruk.

Contoh seperti kecelakaan pesawat yang menimpa maskapai penerbangan Air Asia pada 2014 lalu. Insiden jatuhnya pesawat tersebut diduga karena terkena badai petir di ketinggian 50 ribu kaki.

Kendala Teknis

Source by Liputan6.com

Kendala teknis dalam pesawat juga menjadi salah satu penyebab yang sering sekali terjadi selain karena kondisi cuaca. Kendala tersebut meliputi kerusakan mesin ataupun kehabisan bahan bakar. Meskipun kualitas mesin pesawat terus mengalami peningkatan. Kendala teknis seperti kerusakan mesin masih menjadi sebuah penyebab yang kerap terjadi.

Contohnya adalah pesawat Qantas A380 yang membawa 459 penumpang dan awak di atas Pulau Batam, Indonesia yang dikarenakan oleh kegagalan mesin.

Human Eror

Source by The Jakarta Post

Human Eror pun dapat menjadi penyebab kecelakaan pesawat. Human Eror pun meliputi cukup banyak hal, yaitu kesalahan pilot, kesalahan penumpang atau kesalahan petugas di darat. Banyak sekali faktor yang menyebabkan Human Eror. Salah satunya adalah tekanan psikologis yang manusia alami.

Seperti contohnya ssebuauh pesawat dari maskapai Pakistan International Airlines yang jatuh pada bulan Mei 2020 kemaren yang disebabkan oleh pilot yang membahas pandemi Covid-19.

Sabotase/ Pembajakan

Source by Tribunnews

Seorang pilot dan kopilot merupakan orang yang bertanggung jawab atas kendali pesawat dari mulai take off hingga landing. Namun, beberapa kasus mengenai kecelakaan pesawat pun terjadi karena sabotase ataupun pembajakan pesawat.

Contohnya adalah insiden yang menimpa maskapai Germanwings Flight 9525 pada tahun 2015. Sang kopilot mengunci pilot dari kokpit dan menabrakkan pesawat dengan sengaja. Kopilot tersebut ternyata adalah anggota jaringan teroris yang ingin menunjukan eksistensi jaringannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.