Perbedaan dari SNMPTN dan SBMPTN 2021!

oleh -819 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah mengumumkan mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Masuk Bersama PTN berbasis ujian tertulis. Namun, tahukah Sobat Zetizen tentang perbedaan SNMPTN dan SBMTPN tahun ini dengan tahun sebelumnya? Kali ini, Tim Zetizen akan membahas Perbedaan dari SNMPTN dan SBMPTN 2021. Simak yuk!

  1. Tidak semua data siswa diinput

Pada SNMPTN 2021 tidak semua data siswa dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dimasukkan ke LTMPT. Hal tersebut dilakukan untuk efisiensi.

“Ada beda di mekanisme pengisian PDSS, tidak semua siswa diinput. Hanya siswa yang eligible, sesuai status akreditasi sekolah,” ujar Effendy, Humas LTMPT.

  1. Kuota sekolah berbeda-beda

Pada tahun ini, LTMPT menetapkan kuota untuk masing-masing sekolah berdasarkan akreditasi dan data dari Pusdatin. Sehingga, kemarin (28/12/20) LTMPT mengumumkan kuota masing-masing sekolah yang dapat untuk mengikuti SNMPTN

  1. Tidak semua membuat akun baru.

Untuk mendaftar UTBK juga masih diperlukan akun LTMPT, tak hanya untuk mendaftar SNMPTN saja. Selain itu, terkait pembuatan akun, dia mengatakan untuk UTBK 2021 tidak perlu membuat akun LTMPT baru jika sebelumnya sudah punya (angkatan 2019/2020). Siswa yang membuat akun baru adalah mereka yang akan lulus di tahun ajaran 2020/2021 atau saat ini kelas XII.

  1. Pilihan Program Studi Bersyarat

Pada SNMPTN 2021, jika siswa memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan sekolah asalnya. Tapi jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Disarankan juga tidak lintas minat.

  1. Tidak hanya TPS

Pada UTBK 2020, karena pandemi virus corona, LTMPT memutuskan materi ujian hanya terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS). Namun, pada UTBK 2021, LTMPT memutuskan kembali menyertakan Tes Kompetensi Akademik ( TKA).

  1. Materi ujian untuk Soshum dikurangi

Meski begitu, Budi menjelaskan ada mata ujian yang dikurangi pada kelompok ujian Soshum, yaitu matematika. Sehingga, mata ujian untuk kelompok Soshum pada TKA adalah geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi.

  1. Alokasi Waktu lebih banyak

Terkait alokasi waktu, pada ujian UTBK 2021 akan berbeda dari UTBK 2020. Pada UTBK 2020, untuk kelompok Saintek dan Soshum alokasi waktunya 180 menit. Sedangkan untuk kelompok Campuran 255 menit. Namun, pada UTBK 2021 mendatang, kelompok Saintek dan Soshum alokasi waktunya ditambah menjadi 195 menit. Kemudian, untuk kelompok campuran ditambah menjadi 285 menit.

Baca Juga : Lowongan Kerja BCA Untuk Lulusan Baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.