Profil Aidit Pemimpin Partai Komunis Indonesia Part 1

oleh -541 views
DN. Aidit
Source: Pos Kupang

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada akhir dekade 50-an dan paruh pertama dekade 60-an, negara-negara barat takut dengan Indonesia. Sebab, paham komunisme tumbuh begitu subur. Partai Komunis Indonesia (PKI) telah bangkit dari puing-puing pemberontakan yang gagal di Madiun tahun 1948, dan tumbuh menjadi suatu kekuatan politik riiI di Indonesia. (Indah)

Semua itu tak dapat lepas dari peran Dipa Nusantara Aidit, seorang tokoh antagonis dalam sejarah Indonesia. Berkat kepemimpinan Aidit, pada tahun 1960an PKI bisa menjelma menjadi partai komunis terbesar ketiga di dunia setelah RRC dan Uni Soviet. Politik luar negeri Indonesia yang condong ke RRC, isu tentang bantuan persenjataan dan isu bantuan senjata nuklir dari Cina, membuat Soekarno merasa memiliki bargaining position yang tinggi dalam bernegosiasi dengan pihak Barat.

Itulah sebabnya Soekarno membiarkan Aidit mendekatinya. Siapakah Aidit? Tak banyak yang tahu latar belakangnya. Konon nama aslinya adalah Achmad. Medan adalah tempat ia tinggal sampai dewasa. Ia mengubah namanya menjadi Dipa Nusantara Aidit (mengikuti nama idolanya, Pangeran Diponegoro) tanggal 30 Juli 1932.

Baca Juga:  Sebagai Pelajar Akpol, Kamu Harus Tahu Tokoh Ini

Karir Aidit di PKI mulai melejit di akhir 1950-an saat ia sukses menyingkirkan tokoh-tokoh komunis tua dari partai. Selanjutnya Ia dan kelompoknya berhasil menggeser kiblat PKI dari Rusia ke RRC. Caranya membangun PKI sungguh militan. Ia membangun sel-sel hingga massa bawah (grass root). Ia membentuk berbagai organisasi mantel dan menempatkan kader-kadernya dalam berbagai organisasi profesi, bahkan di tubuh militer.

Source: 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.