Profil Aidit Pemimpin Partai Komunis Indonesia Part 3

oleh -357 views
DN. Aidit
Source: Pos Kupang

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pihak AD yang mengontrol ketat media massa, akhirnya bisa mengarahkan opini publik agar menganggap gerakan itu diotaki Aidit. Maka pemimpin PKI itu kabur dari Jakarta, menuju ke Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ia tertangkap di Solo, kemudian ditembak mati dalam suatu tempat di Jawa Tengah oleh pasukan yang pimpinan Kolonel Yasir Hadibroto. (Indah)

Karir politiknya hancur luluh lantah setelah peristiwa G 30 S. Memang masih menjadi kontroversi mengenai keterlibatannya secara langsung. Otak G 30 S itu sendiri hingga kini masih belum tahu secara persis. Menurut sejarah versi Orde Baru, ia menugaskan Sjam Kamaruzaman untuk mempersiapkan perebutan kekuasaan melalui revolusi.

Sjam memimpin “biro chusus” (sebuah lembaga non-struktural PKI yang dirahasiakan) untuk memprovokasi suasana. Namun gerakan makar itu gagal. Eksekusi tanpa pengadilan terhadap Aidit itu sendiri juga menjadi kontroversi. Tidak begitu jelas, mengapa tokoh sekaliber Aidit langsung tertembak mati begitu tertangkap. Padahal sangat banyak informasi yang bisa terungkap untuk mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi.

Baca Juga: Profil Aidit Pemimpin Partai Komunis Indonesia Part 2

Bagaimanapun, sosok Aidit memberi warna tersendiri bagi dinamika politik Indonesia. Aidit merupakan tokoh komunis militan yang pernah membawa negeri ini berada dalam hari-hari penuh agitasi dan konflik. Ia adalah sosok yang mencoba melemparkan sebatang korek api menyala ke dalam tumpukan jerami. Ia paham betul situasi sosial ekonomi rakyat Indonesia, dan sungguh-sungguh memanfaatkannya untuk membesarkan PKI.

Source: 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.