Ragam Alat Musik Tradisional di Jawa Barat

oleh -669 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Indonesia terkenal dengan negara yang beragam kekayaan budayanya. Termasuk salah satunya, alat musik. Berbicara tentang alat musik, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki alat musik yang beragam. Nah, kali ini Tim Zetizen akan membahas ragam alat musik tradisional di Jawa Barat. (jerrell)

  1. Calung

Selain Angklung, Jawa Barat juga memiliki alat musik yang lain, yaitu Calung. Sebenarnya Calung adalah purwarupa dari angklung. Namun cara bermainnya berbeda. Biasanya angklung dimainkan dengan cara menggoyangkannya. Sedangkan, Calung dimainkan dengan cara dipukul. Lebih tepatnya, memukul bantang bambu yang tersusun sesuai laras nada pada alat musik calung tersebut.

Calung terbagi menjadi dua jenis, yaitu calung rantay dan calung jinjing. Calung jinjing menjadi jenis calung yang berkembang hingga saat ini dan lebih dikenal oleh masyarakat.

  1. Celempung

Sama seperti alat musik Sunda lainnya, instrument celempung terbuat dari bambu gombong yang dilengkapi dengan senar dari bambu. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul dengan ujung yang dibalut kain, serta membuka ruas tutup pada bagian atasnya.

Celempung dapat menghasilkan suara yang terdengar seperti kendang dan suara gong. Alat musik ini digunakan dalam berbagai pertunjukan, yang umumnya dimainkan bersama kacapi, suling, gong buyung, dan juga rebab.

  1. Kendang

Umumnya, dalam sebuah pertunjukan kendang khas Sunda terdiri dari tiga kendang, yaitu kendang indung, serta dua kendang anak yang terdiri dari ketipung dan kutiplak.

Tiap jenis kendang ini dibedakan sesuai fungsinya, seperti kendan jaipongan, kendang keurseus, kendang kiliningan, kendang ketuk tilu, dan lain-lainnya.

Kendang sangat berguna untuk mengatur irama, tempo, memulai sebuah lagu, dan menghentikan sebuah lagu. Cara bermain kendang adalah dipukul atau ditepak.

  1. Karinding

Awalnya, alat musik karinding digunakan oleh para leluhur untuk mengusir hama di sawah, karena alat musik ini terbuat dari bambu dan pelepah kawung atau aren yang mengeluarkan suara khas. Selain itu, alat musik karinding seringkali digunakan sebagai pengiring rajah atau doa.

Selain itu alat musik tiup ini juga awalnya digunakan bagi para laki-laki untuk memikat hati perempuan yang disukainya. Karinding dimainkan dengan menempelkan ruas tengahnya di depan mulut yang agak terbuka.

  1. Tarawangsa

Tarawangsa adalah alat musik lainnya dari Suku Sunda. Memiliki bentuk yang unik, alat musik ini dimainkan dengan cara digesek. Dalam sejarah, tarawangsa sudah ada lebih dulu sebelum muncul alat musik rebab.

Menurut naskah kuno Sewaka Darma, tarawangsa sudah ada sejak abad ke-18. Hal ini membuat tarawangsa juga disebut sebagai rebab jangkung, karena memiliki bentuk yang serupa namun ukurannya yang lebih tinggi dibanding rebab.

Baca Juga : Solois Kenamaan Dengan Musik Lawasnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.