Rekomendasi Makanan Khas dan Unik Magelang!

oleh -415 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kota Magelang merupakan destinasi wisata alternatif yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, terutama setelah mereka pergi ke Candi Borobudur. Namun ternyata, banyak makanan yang khas dan unik serta menggugah selera yang bisa Sobat nikmati. Berikut rekomendasi makanan khas dan unik asli Magelang. (jerrell)

  1. Mangut Beong Sehati Borobudur

Beong adalah ikan lele besar yang dimasak  mangut pedas dengan bumbu rempah dan kuah santan. Dijamin, makanan khas Magelang yang satu ini akan membuat Sobat ketagihan karena kelezatannya.

Mangut Beong Sehati Borobudur terletak sekitar 3 kilometer dari obyek wisata Candi Borobudur di Desa Kembanglimus. Sobat dapat mengunjunginya sebelum atau setelah berwisata ke Candi Borobudur. Harga yang dibanderol untuk makanan khas Magelang ini juga bervariasi, tergantung pada bagian atau potongan ikan yang dipilih.

  1. Nasi Goreng Pak Yatno

Makanan khas Magelang yang satu ini adalah salah satu dari yang terpopuler dan legendaris. Warung Nasi Goreng Pak Yatno terletak di Jalan Mayjend Bambang Soegeng, tepatnya di seberang pusat perbelanjaan Armada Town Square.

Di warung ini, olahan nasi goreng dicampur dengan mi yang menjadi ciri khas nasi goreng Magelang. Nampaknya ini juga mengapa hidangan campuran nasi goreng dan mi yang dijual di luar Magelang diberi nama Magelangan.

  1. Kupat Tahu

Saat berkunjung ke Magelang, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi Kupat Tahu. Ya, Kupat Tahu memang merupakan makanan khas Magelang yang diincar dan disukai oleh banyak wisatawan saat berkunjung ke kota Magelang.

Kupat Tahu pada dasarnya memiliki isian potongan tahu halus yang sudah digoreng, lontong, kecambah, kubis, bakwan goreng, daun seledri, dan tambahan banyak bawang goreng. Sobat juga dapat menambahkan cabai jika suka rasa pedas. Saat menikmati Kupat Tahu, jangan lupakan kerupuk sebagai teman santapan Sobat.

  1. Sup Senerek Bu Atmo

Makanan Sup di warung ini adalah yang peling terkenal di kota Magelang. Sup ini cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi, sebelum berjalan-jalan atau berwisata di kota Magelang.

Makanan ini pada dasarnya adalah sup kacang merah berkuah bening. Sup Senerek berisi kacang merah yang dimasak bersama wortel, bayam dan tetelan sapi. Makanan sup ini  biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat serta pelengkapnya seperti sambal dan tahu-tempe bacem. Satu porsi Sup Senerek di warung Bu Atmo dibanderol seharga 15 ribu rupiah saja.

  1. Sego Godhog

Sego Godhog berasal dari kata dalam bahasa Jawa yang berarti nasi rebus. Kuliner yang satu ini tak kalah populernya, bahkan sudah merambah hingga ke luar Magelang. Sego Godhog dalam pembuatannya hampir sama dengan bakmi Jawa rebus, hanya saja mi diganti menjadi nasi.

Sego Goodhog biasanya memiliki isian berupa nasi, mie, dan suwiran daging. Di beberapa warung juga ada yang menambahkan irisan jeroan sapi dan telur. Harga yang dibanderol untuk Sego Godhog cukup murah, yakni 13 ribu rupiah saja rata-ratanya. Sobat bisa menemukan penjual Sego Godhog di sepanjang jalan dekat alun-alun Kota Magelang, yang mulai dijajakan sejak jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Bagi Anda yang Diet!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.