Rhongomyniad, Tombak Raja Arthur dalam Legenda Arthurian

oleh -176 views
Rhongomyniad

ZETIZEN RADAR CIREBON – Rhongomyniad adalah nama tombak yang dimiliki Raja Arthur memiliki arti “Tombak Pembunuh”. Dalam perang Camlann Arthur menggunakan tombak Rhongomyniad untuk memukul balik Mordred didetik terakhir.

Ketika Excalibur dihempaskan dari tangannya atau dalam versi berbeda ketika Arthur tidak membawa Excalibur. Tombak itulah yang berhasil menghabisi Mordred dalam perang Camlann. (sno)

Dalam Sejarah

Weapons | Meredith Mansfield, Author

 

 

Tombak ini sempat disebutkan dalam Culhwch dan Olwen (sekitar abad ke-11). Kemudian, Geoffrey dari Monmouth dalam bukunya Historia regum Britanniae menyebutnya “Ron”.

Tombak tersebut ditempa oleh seorang pandai besi bernama Griffin dan tempat penempaannya ada di Carmarthen.. Rumornya bahwa sejata tersebut merupakan sejata warisan milik Uther Pendragon.

Lihat juga: Clarent, Pendang Perdamaian Milik Raja Arthur dalam Legenda Arthurian

Perang Camlann

Sir Bedivere, Tangan Kanan Raja Arthur Pada Legenda Arthurian

Dalam kisahnya, Arthur meninggalkan Mordred yang bertanggung jawab atas Inggris ketika dia pergi, hanya untuk Mordred mengkhianatinya dan merebut takhta.

Kemudian Arthur membawa pasukan veterannya kembali ke Inggris, di mana mereka bertemu dengan pasukan Mordred yang jumlahnya melebihi mereka dua lawan satu dengan pendukung Inggris dan sekutu asingnya (Saxon dan Irlandia) di Salisbury Plaindi selatan tengah Inggris (Camlann tidak disebutkan).

Lihat juga: Sejarah Holy Grail Dalam Legenda Arthurian

Pertarungan dimulai oleh kecelakaan takdir, ketika seorang ksatria yang terkejut menarik pedangnya untuk membunuh seorang penambah selama negosiasi kebuntuan antara Mordred dan Arthur.

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *