Sebenarnya Hiu Paus itu Hiu atau Paus? Berikut Penjelasannya

oleh -35 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Hiu paus atau Rhincodon typus adalah ikan terbesar yang ada di dunia. Pastinya kamu akan menyangkal karena paus lah yang terbesar. Faktanya adalah paus masuk kedalam kategori sebagai mamalia luat bukan ikan laut. Tetepi, dibalik semua itu pastinya hampir semua orang jika mengetahui nama dari hewan ini pastinya akan kebingungan dan bertanya. Sebenarnya hiu paus itu hiu atau paus?

Fakta mengatakan bahwa hiu paus masuk kedalam kategori hiu bukanlah paus. Hal tersebut dikarenakan oleh hiu paus masuk kedalam keluarga ikan bertulang rawan. Tetapi, pastinya pertanyaan “sebenarnya hiu paus itu hiu atau paus” belum terjawab

Alasan

Alasan Rhincodon typus memiliki nama belakang paus adalah karena ia memiliki cukup banyak kesamaan dengan mamalia laut terbesar yaitu paus. Persamaan yang paling mencolok adalah ia mempunyai tubuh yang sangat besar layaknya seekor paus. Menurut Wikipedia ukuran rata-rata hewan ini berkisar sekitar 9,7 meter dan seberat 9 ton. Selain itu, pada tahun November 1947 Karachi, Pakistan spesimen terbesar dari hewan ini tertangkap. Panjang hiu paus tersebut yakni sekitar 12,65 meter dan beratnya lebih dari 21,5 ton, sementara lingkar badannya sekitar 2,1 meter.

Jenis makanan yang hiu paus konsumsi pun jauh dari makanan hiu pada umumnya. Ia lebih memilih memakan plankton, telur ikan dan ikan kecil dari pada hewan lainnya atau bahkan memakan manusia. Hal tersebut pun membuktikan bahwa hewan tersebut tidaklah agresif melainkan jinak dan berhati lembut kepada manusia.

Selain itu, hiu paus lebih nyaman untuk tinggal di perairan hangat seperti perairan laut tropis seperti Indonesia. Sebagian besar hiu paus tinggal di Samudra Hindia dan Pasifik. Walaupun terbilang jinak para penyelam tidak boleh menyentuh hiu paus karena ia merupakan hewan yang di lindungi oleh undang-undang negara Indonesia. International Union for Conservation of Nature atau IUCN pun mengategorikan ikan ini sebagai binatang yang masuk kedalam Red List dan berstatus terancam punah.

Source

Baca artikel selanjutnya mengenai Daftar Hiu Paling Ganas di Dunia yang Siap Memakanmu

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *