Sejarah Awal Mula Musik Jazz

oleh -640 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Musik jazz adalah salah satu jenis musik yang sering diimprovisasi. Musik jazz mulai berkembang oleh karena orang Afrika-Amerika dan terpengaruhi oleh struktur harmonik Eropa dan irama Afrika. Berikut sejarah awal mula musik jazz. (jerrell)

Sekitar tahun 1860, musik jazz memiliki istilah Afrika-Amerika, “jasm” yang berarti energi. Kemudian pada tanggal 14 November 1916, Surat Kabar “New Orleans Times” pertama kali menggunakan istilah setelan band.

Musik jazz juga dapat mengekspresikan banyak perasaan dan emosi yang berbeda. Dari kebahagiaan sampai menangis.

Tidak hanya itu, musik jazz juga menjadi sarana untuk menyampaikan kebebasan kepada mereka yang tertindas atau diperlakukan tidak adil.

Salah satu ciri musik jazz adalah penggunaan terompet sebagai alat musiknya, sehingga menjadi gaya tersendiri para penyanyi jazz.

Menurut laporan di website University of Mississippi, musik jazz merupakan salah satu musik khas di Amerika Serikat yang lahir pada awal abad ke-20. Akar jazz adalah tradisi musik rakyat Afrika-Amerika. Tradisi musik meliputi lagu spiritual, lagu karya dan lagu blues

  • Dixieland

Musik jazz menggunakan beberapa gaya dalam musik. Dixieland adalah gaya jazz paling awal dan paling terkenal. Dixieland tumbuh subur di New Orleans. Dalam gaya ini, musisi jazz akan menggunakan ansambel alat musik kecil yaitu klarinet, terompet dan trombon. Tidak hanya itu, lagu tersebut akan diiringi oleh drum, banjo, piano, tuba dan senar bas.

  • Swing

Gaya selanjutnya adalah gaya swing. Dibandingkan dengan dixieland, gaya swing menggunakan banyak instrumen saat memainkan lagu. Alat musik yang biasa orang gunakan adalah saksofon, trombon dan trombon. Sedangkan untuk pengiring, mereka menggunakan piano, senar bas, drum, dan terkadang gitar. Dalam musik swing jazz biasanya banyak terdapat improvisasi.

  • Bebop

Bebop atau yang biasa orang kenal dengan Bop, gaya ini menggunakan ansambel kecil untuk menandai kembalinya musik jazz. Ciri utama dari gaya ini adalah harmoni yang lebih kompleks, ritme semakin cepat dan semakin cepat, dan garis melodi tidak terputus. Gaya jazz terus berkembang. Perkembangan ini berdasarkan pada gaya jazz yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga : Berikut Aktor dengan Bayaran Tertinggi, Ada yang Mencapai Triliun Part I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.