Adobe Flash Player Akhirnya Resmi Ditutup Awal Tahun 2021

oleh -70 views
Adobe Flash Player

ZETIZEN RADAR CIREBON Adobe Flash Player telah resmi mencapai batas pemakaiannya. Plug-in browser yang kaya animasi ini sudah menemani kita bermain sejak tahun 1996.

Flash membuat para gamer populer untuk melakukan streaming dan game online. Namun sejak era smartphone, Flash menjadi terlupakan karena masalah keamanan. Sehingga Adobe mengumumkan untuk mencopot pemasangannya dengan alasan keamanan. Lalu sebenarnya apa yang terjadi kepada Flash? (sno)

RIP Flash Player: Adobe says you have this much time to uninstall app |  Tom's Guide

Mari kilas balik pada tahun 2009, Masa itu Flash lebih dari sekedar animasi, ia memberikan situs web Youtube dengan video berkualitas. Flash menjadikan softwere wajib instal pada 90% PC desktop yang terhubung ke internet.

Namun, semenjak dunia beralih keperangkat seluler, Flash mulai terlupakan dan Adobe lambat merespon hal itu.

“Kami telah mengoptimalkan ponsel kelas bawah dengan Flash Lite,” jelas David Mendels, mantan wakil presiden eksekutif produk Adobe.

“Ini sangat sukses di tempat-tempat seperti Jepang, tetapi tidak sama dengan Flash desktop lengkap. Tidak sepenuhnya kompatibel.”

Pada bulan April 2010, Steve Jobs dari Apple menulis sebuah surat terbuka yang berjudul Thoughts On Flash, di mana dia menjelaskan mengapa Apple tidak membiarkan Flash berjalan di iPhone dan iPads.

Flash, menurutnya, tidak praktis untuk digunakan pada layar sentuh, tidak dapat diandalkan, mengancam keamanan, dan menguras daya baterai.

Dia mengatakan video dan animasi malah bisa dikirim dengan HTML5 dan teknologi terbuka lainnya, membuat Flash menjadi tidak berguna bagi smartphone atau tablet.

Mulai perkembangan jaman, munculah perusahaan media besar seperti Facebook, Netflik dan Youtube yang sudah bisa melakukan streaming dan menonton video di smartphone.

Old School Gamers Bid Goodbye as Adobe Flash Shuts Down With 2020

Pada November 2011 Adobe mengakhiri pengembangan Flash untuk perangkat seluler dan pada tanggal 12 Januari 2021 Flash telah ditutup untuk selamanya.

Adobe menghimbau para pengguna untuk mencopot pemasangannya karena Adobe tidak akan lagi menawarkan pembaruan keamanan untuk Flash.

Adobe telah memberikan instruksi untuk menghapus Flash dari komputer Windows dan Mac lewat situsnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *