Sir Gaheris, Saudara Laki-Laki Gawain dalam Legenda Arthurian

oleh -483 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sir Gaheris adalah saudara laki-laki Gawain sekaligus salah satu Ksatria Meja Bundar. Dalam bahasa Inggris Stanzaic Morte Arthur Gaheris dikenal sebagai ksatria Skotlandia. Sir Gaheris memiliki banyak versi dalam berbagai cerita legenda Arthurian. (sno)

Gaheris di Vulgate Lancelot

Sir Gareth and Sir Gaheris, brothers of Sir Gawain. | Medieval knight,  Ancient warfare, Medieval history

Di Vulgate Lancelot, Gaheris adalah kesatria malang yang muncul dalam peran kecil, kebanyakan sebagai tahanan, sebelum kematiannya yang tidak disengaja. Gawain menyelamatkannya dari Galehaut, sedangkan Ksatria Putih misterius yaitu, Lancelot sebelumnya menyelamatkannya dari Penjara Dolorous dekat Dolorous Gard dan kemudian lagi dari Vale of No Return.

Kemudian, di Vulgate Mort Artu, dia meninggal karena memakan buah beracun yang ditakdirkan untuk Gawain oleh ksatria pendendam bernama Avarlan dan ditawarkan kepadanya tanpa disadari oleh Guinevere, menyebabkan ratu dituduh atas pembunuhannya sampai dia dibebaskan dari bertanggung jawab dalam persidangan dengan pertempuran antara Mador dan Lancelot.

Stanzaic Morte Arthur

Sir Gaheris | Wiki | Merlin BBC Amino

Dalam bahasa Inggris Stanzaic Morte Arthur, itu adalah pengawal yang membenci Gawain (tanpa alasan yang diberikan). Suatu hari, Ratu sedang duduk saat makan malam antara Gawain dan seorang kesatria Skotlandia. Kemudian pengawal membawakannya semangkuk buah, dengan buah beracun mencolok di bagian atas.

Pengawal percaya bahwa Guenevere akan memberikan buah itu kepada Gawain, tetapi Guenevere malah memberikannya kepada kesatria Skotlandia karena kesatria Skotlandia itu adalah tamu asing. Ksatria itu mati sekaligus dan dimakamkan di kapel terdekat di hutan di jurang.

Mador, saudara laki-laki kesatria Skotlandia, datang ke kapel secara kebetulan, membaca prasasti tersebut, dan kembali ke pengadilan, menangis keras-keras dan menantang Ratu atas kematian saudara laki-lakinya.

 

Source: FandomĀ 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.