Sir Tor, Ksatria Pertama Raja Arthur Dalam Legenda Arthurian

oleh -258 views
Sir Tor

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sir Tor adalah Knight of the Round Table menurut legenda Arthurian. Dia sering muncul dalam literatur legenda Arthurian. (sno)

Silsilah

Dalam penyebutan sebelumnya ayah Tor adalah Raja Ars atau Aries, tetapi Siklus Pasca-Vulgate dan Le Morte d’Arthur dari Sir Thomas Malory mengatakan bahwa pria ini adalah ayah angkatnya sedangkan ayah kandungnya adalah Raja Pellinore.

Dalam versi ini, dia adalah saudara dari Sir Aglovale, Sir Lamorak, Sir Dornar, Sir Percival, dan Dindrane. Ia lahir saat Pellinore tidur dengan ibunya “setengah dengan paksa”, dan ibunya menikah dengan Aries.

Tak lama kemudian Aries bukanlah seorang raja, tapi seorang gembala. Tor dan dua belas saudara tirinya dibesarkan sebagai gembala, tetapi Tor bermimpi menjadi seorang kesatria.

Ksatria Raja Arthur

Akhirnya orang tuanya membawanya ke istana Raja Arthur, dan Arthur menjadikan bocah itu salah satu ksatria pertamanya. Kemudian Merlin mengungkapkan asal usul Tor yang sebenarnya, dan Pellinore memeluk putranya. Baik Aries maupun istrinya tidak tampak tersinggung.

Tor membedakan dirinya di pesta pernikahan Arthur dan Guinevere ketika dia melakukan misi untuk mengambil anjing brachet putih misterius yang datang ke pengadilan.

Menurut Malory, Tor dan saudaranya Aglovale termasuk di antara kesatria yang bertugas membela eksekusi Guinevere, mereka berdua mati saat Lancelot dan anak buahnya menyelamatkan ratu Guinevere.

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.