Sosok Pendiri Kopassus, Mantan KNIL

oleh -360 views
British Chief of Defence Staff Jock Stirrup (R) shakes hands with Indonesian counter terrorist force Gultor soldiers after they demonstrated a drill at the army special forces headquarters in Jakarta on April 25, 2008. Stirrup is in Indonesia on a four-day-official visit aimed at tighten military ties between the two countries. AFP PHOTO/Adek BERRY (Photo credit should read ADEK BERRY/AFP/Getty Images)

ZETIZEN RADAR CIREBON – Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan kesatuan yang dibanggakan, karena sederet prestasinya. Berbicara tentang Kopassus tidak dapat lepas dari nama Mochamad Idjon Djanbi, prajurit terlatih yang merintis berdirinya pasukan komando di Indonesia. (Indah)

Nama yang sebenarnya adalah Roger Bernard Visser, mantan Kapten pada Corps Speciale Troopen KNIL. Jabatan terakhirnya adalah Komandan Sekolah Terjun Payung KNIL di Cimahi. Ia dimintai bantuan untuk merintis cikal-bakal pasukan komando yang terlatih untuk tugas-tugas khusus, dengan personel pilihan yang digembleng sangat keras. Cerita tentang pasukan khusus dari Indonesia bermula dari kekaguman terhadap kelihaian Corps Speciale Troopen yang membantu RMS pada awal dekade 1950-an.

Baca Juga: Penggemar Fotografi Harus Tahu Tokoh Ini

Usaha pembentukannya tidak begitu mudah karena tidak ada sumber daya manusia yang mamadai. Bisa jadi impian Kolonel Alex Kawilarang dan Letkol Slamet Riyadi untuk membentuk sebuah pasukan khusus yang terlatih, tidak bisa terwujud. Untung ada Idjon. Kolonel Alex Kawilarang pun memintanya untuk ambil bagian dalam cita-citanya ini.

Setelah bersedia, ia mulai aktif di TNI dengan pangkat mayor. Idjon segera melatih kader perwira dan bintara untuk menyusun pasukan. Setelah satu kompi satuan terbentuk, jadilah ia sebagai komandan pertama. Akhirnya Indonesia punya satuan pasukan khusus yang hebat. Pasukan berbaret merah ini semula bernama Kesatuan Komando Teritorial III (Kesko III) di bawah divisi Siliwangi.

Di bawah Mabes AD berganti namanya menjadi KKAD (Kesatuan Komando AD). Pada April 1956, KKAD menjadi resimen dan berubah menjadi RPKAD (Resimen Para Komando AD). Pada Februari 1971, RPKAD berubah nama lagi menjadi Kopassandha (Komando Pasukan Sandhi Yudha). Lalu pada 23 Mei empat belas tahun kemudian, Kopassandha menjadi Komando Pasukan Khusus (Kopassus) seperti yang kita kenaI sekarang ini.

Source: 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.