STAN Buka Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

oleh -288 views
Source: perkuliahankaryawan.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN akan kembali membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru dalam waktu dekat. Informasi seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) telah keluar secara resmi melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan, Selasa, 26 Januari 2021. Ada empat fakta menarik mengenai pendaftaran ini, berikut poin-poinnya yang bersumber dari kemenkeu.go.id. (Indah)

  1. Sempat ditangguhkan

Kementerian Keuangan menangguhkan SPMB pada 2020 karena wabah Covid-19. Kementerian mengikuti keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang penetapan status pandemi. Kondisi pandemi membuat tes umum tidak efektif karena akan melibatkan 130 ribu orang pendaftar bila mengacu pada seleksi dalam tiga tahun terakhir.

Selain itu, pemerintah tengah melaksanakan restrukturisasi dan pengkajian kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan dari lulusan Program DI dan DIII PKN STAN serta dari sumber-sumber lainnya. Di sisi lain, Kementerian juga sedang melakukan penataan ulang sistem serta tata-kelola pendidikan kedinasan di PKN STAN, termasuk penataan program studi dan kurikulum.

  1. Tes STAN tahun ini berbasis komputer

Tahapan SPMB bagi calon peserta didik akan menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang akan menyediakan pelaksanaan UTBK. Seleksi dengan model UTBK ini telah mempertimbangkan pelbagai hal, termasuk dampak pandemi Covid-19.

  1. Syarat nilai

Nilai UTBK yang akan terpakai adalah dari materi ujian tes potensi skolastik (TPS) untuk semua kelompok ujian. Kelompok ujian ini meliputi sains dan teknologi (sainstek), sosial humaniora (soshum), atau campuran (sainstek dan soshum).

  1. Saluran pengumuman resmi STAN

Pengumuman resmi SPMB PKN STAN 2021 akan terbit bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan 2021 yang bakal keluar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). Adapun, pengumuman resmi dapat diakses melalui website Kementerian Keuangan, www.kemenkeu.go.id.

Baca Juga: Perbedaan dari SNMPTN dan SBMPTN 2021!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.