Sudah Tahu Journaling? Ini Manfaatnya!

oleh -28 views
source: society19.com

ZETIZEN RADAR CIREBON –  Pernah mendengar istilah journaling? Aktivitas journaling atau bullet journal semakin banyak peminatnya. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari aktivitas journaling. Aktivitas ini selain menjadi wadah aspirasi juga menjadi alat terapi. Selain itu bermanfaat untuk kesehatan mental dan perkembangan karier lho! (tika)

Jadi, apa saja sih manfaatnya? Yuk kita bahas!

1. Mengasah kreativitas

source: pinterest

Saat membuat journal, kamu bebas sesuka hati menulis apa saja, menghias sesuai mood, dan dengan cara apapun. Kamu bisa menuliskan yang kamu rasakan, kemudian kamu gambar dan kamu warnai dengan warana yang sudah kamu tentukan. Misalnya, jika moodmu sedang baik, kamu menuliskannya dengan warna kuning, atau saat kamu marah kamu menggunakan warna merah. Kamu juga bisa menghias dengan menambahkan stiker stiker yang lucu. Menyenangkan bukan?

2. Fokus menentukan target

Dengan menulis di journal, kamu membiasakan diri untuk mengatur apa yang kamu inginkan, mimpi apa yang ingin tercapai dalam kurun waktu terntentu. Selain itu, kamu bisa menuliskan alasan kamu memilih target itu dan bagaimana cara mencapainya. Dilansir dari glints, semua hal tersebut dapat membantu menentukan apa yang benar-benar kamu inginkan. Dengan begitu, kamu membuka peluang diri kamu untuk menjadi lebih baik.

3. Menulis ide

source: pinterest

Dilansir dari Forbes, melakukan journaling dapat membantu mengubah ide-ide yang mungkin dapat berguna dalam sehari-hari.  Ketika kamu menulis ide di jurnal, kamu bebas menuangkan insprasi dan kreativitasmu tanpa takut membuat kesalahan. Kamu juga bisa mengembangkan ide tersebut menjadi sesuatu yang lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan ide saat kamu sedang berdiskusi dengan teman dalam sebuah pertemuan.

4. Meredakan stress

Sebuah penelitian oleh James Pennebaker dari University of Austin menyatakan bahwa journaaling dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan berfungsi sebagai stress management tools. Dilansir dari Harvard Health Publishing, menuangkan dan perasaan lain saat jurnak dapat membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih fokus. Dengan menulis di jurnal, kamu bisa menulis apa saja yang dapat mengeluarkan bebabn yang ada di pikiranmu dan kembali fokus.

5. Media tracking dan refleksi diri

source: pinterest

Dengan membuat jurnal, membantu menyimpan kenangan lho! Yang menyenangkan adalah saat kamu bisa flashback di penghujung tahun, melihat lembar demi lembar yang kamu tulis selama setahun. Dan bisa menjadi refleksi diri apakah kamu sudah mencapai target-target, apakah sudah bisa memanajemen waktu dengan baik. Selain itu, kamu bisa menyadari bahwa sudah banyak kegiatan yang kamu lakukan selama satu tahun yang mungjkin tidak kamu sadari

 

Nah, itu 5 manfaat journaling. Tertarik untuk mencobanya?

 

Baca juga :

Waspadai! Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak

Ini 4 Hal yang Harus Kamu Kurangi Mulai dari Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *