Tubuh Terasa Lelah Saat Bangun Tidur, Ini Alasannya!

oleh -123 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu merasa saat terbangun dari tidur namun masih terasa lelah dan tidak bersemangat? Ternyata bukan hanya faktor kurangnya istirahat lho! Ternyata selain itu masih ada beberapa penyebab bangun tidur masih terasa lelah. Apa saja ya? Yuk kita bahas! (tika)

1. Kelebihan/Kekurangan tidur

Melansir dari alodokter, bahwa ada sebuah penelitianyang mengatakan bahwa terlalu banyak atau kurang tidur juga bisa menjadi penyebab seseorang merasa lelah ketika bangun tidur. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 7 sampai 9 jam per hari. Cobalah untuk sesuai porsi tidurnya ya.

2. Stress

Memikirkan banyak hal di malam hari ketika sebelum tidur akan membuat otak terus bekerja. Hal ini akan menjadi beban dan terbawa suasana yang akhirnya menyebabkan badan lemas setelah bangun tidur. Selain itu, seseorang biasanya akan sering terbangun di malam hari ketika mengalami stres atau bahkan sulit tidur.

3. Anemia

Anemia adalah kurangnya kadar hemoglobin dalam darah seseorang. Ini juga menyebabkan kurangnya  aliran oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Hal ini penyebab seseorang mudah merasa lelah sekalipun saat terbangun dari tidur. Anemia juga dapat mengalami pusing, pucat, dan lemas.

4. Gangguan tidur

Ketika kamu bangun tidur dengan waktu yang cukup namun masih terasa lelah dan kurang bersemangat, bisa jadi kamu mengalami gangguan tidur. Ada berbagai jenis gangguan tidur, diantaranya insomnia, sleep apnea, dan narkolepsi.

5. Konsumsi makanan berat sesaat sebelum tidur

Terkadang lapar sering datang pada malam hari. Namun, kamu harus tetap mengontrol porsi makan agar tubuh tidak bekerja keras untuk mencerna makanan. Jika itu terjadi, tubuh akan bekerja keras mencerna makanan, hal ini membuat badan lemas setelah bangun.

Itulah beberapa alasan badan terasa lelah saat bangun tidur. Jika kondisi tidur kamu terus tidak membaik. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter ya. And, stay healty guys!

 

baca juga:

5 Manfaat Yoga Bagi Tubuh, Sudah Coba?

6 Kesalahan Merawat Kulit Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *