Uniknya Bunga Tengkorak Snapdragon

oleh -555 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bunga snapdragon banyak yang mengenal sebagai bunga mulut naga. Hal ini karena saat kering, bunga bentuk bunga ini menyerupai kepala naga. Namun, banyak juga yang menyebutnya sebagai bunga tengkorak karena terlihat sekilas seperti tengkorak. Bunga ini memiliki nama latin Antirrhinum majus. Kata antirrhium berasal dari bahasa Yunani, yang artinya memiliki bentuk seperti hidung.

source: outsidepride.com

Tanaman ini berasal dari daerah mediterania mulai dari Maroko, Portugal, hingga Prancis bagian selatan. Bunga tengkorak memiliki batang yang tinggi, bunga yang berwarna cerah dan mekar ketika cuaca dingin. Tinggi tanaman yang bervariasi antara 25 cm sampai 75 cm. Tanaman ini juga membutuhkan banyak sinar matahari dan tanah yang lembap. Penyiraman diperlukan setiap hari secukupnya.

Bunga tengkorak banyak manfaatnya, diantaranya sebagai tanaman hias. Ini karena tampilannya yang cantik. Bunga ini cocok sebagai pajangan di ruang tamu dalam bentuk rangkaian. Saat bunga ini bermekaran, bentuknya seperti kepala naga dengan mulut terbuka. Warnanya yang sangat cantik sering kali menarik serangga untuk menghisap madunya. Namun sayangnya, saat bunga ini telah layu, bentuknya jadi sangat buruk dan mengerikan.

Bunga Snapdragon banyak yang meneliti dalam dunia medis karena mengandung zat anthocyanin. Anthocyanin merupakan zat yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Selain itu, tanaman ini juga kaya flavonoid yang memiliki manfaat untuk menyerap radikal bebas seperti radikal oksigen [ORAC], radikal perosokil, hidrogen peroksida, radikal hidroksil, dan singlet oksigen.

Bunga tengkorak juga banyak yang menyebutkan sebagai lambang penipuan. Ini karena ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa bunga ini  dapat membuat awet muda dan menjadi cantik untuk setiap perempuan yang memakannya. Orang-orang zaman dulu menggunakan snapdragon pada hal-hal yang berhubungan dengan kekuatan supranatural. Mereka berpikir snapdragon bisa dijadikan tameng untuk kecurangan, kutukan, bahkan sihir jika menanamnya di halaman rumah. (tika)

Tanaman snapdragon ini sangat unik ya, bagaimana apakah kamu ingin memilikinya?

baca juga : Glowworm Si Cacing Bercahaya Indah

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.