Waspadai! Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak

oleh -68 views
source: http://weandthecolor.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap hari kita melakukan rangkaian aktivitas yang berulang-ulang yang menjadikan sebuah kebiasaan. Ada kebiasaan yang baik untuk kita, tetapi tak jarang ada juga yang berpengaruh buruk terhadap tubuh atau kesehatan kita. Sebuah studi menyatakan bahwa kebiasaan buruk yang kamu lakukan dapat merusak sel-sel otak, baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Tanpa kita sadari ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak otak. Pernahkah kamu merasa mudah lupa atau berkonsentrasi? Mungkin penyebabnya adalah karena kamu melakukan beberapa kebiasaan di bawah ini. (tika)

1. Melewatkan sarapan

Sarapan adalah salah satu hal terpenting untuk dilakukan sebelum memulai hari. Mulai membiasakan sarapan di pagi hari akan memengaruhi kinerja, daya tahan, dan emosional. Sebuah studi di Jepang lebih dari 80.000 orang menemukan bahwa melewatkan sarapan meningkatkan risiko mengalami stroke dan tekanan darah tinggi.

2. Kurang tidur

Rata-rata seseorang membutuhkan tidur sekitar 8 jam per hari. Namun, terkadang seseorang tidur kurang dari 8 jam ternyata berdampak buruk lho! Tidur yang kurang akan mempercepat kematian sel-sel otak dalam jangka waktu yang pendek dan merasa lelah. Selain itu, kamu juga akan memiliki suasana hati yang kurang baik. Oleh karena itu, pastikan kamu tidur yang cukup ya.

3. Kurang minum air putih

Tahukah kamu kalau otak kita memerlukan banyak air. Air berfungsi membuat otak fokus lebih baik dan berpikir lebih cepat dan bisa bekerja dengan maksimal. Cobalah untuk membiasakan minum air tergantung kebutuhan kamu, karena setiap orang kebutuhan airnya tidak bisa disamaratakan. Supaya, dehidrasi tidak menyerangmu.

4. Merokok

Merokok jelas dapat merusak fungsi otak dalam bekerja. Hal ini karena adanya kerusakan pada viabilitas neuron dan membran sel di otak tengah serta pada membran sel vermis serebelar. Kebiasaan merokok dapat mengganggu fungsi motorik halus dan kotor, keseimbangan, dan koordinasi. Kebiasaan merokok juga telah terbukti dapat memicu penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

 

Nah, itu tadi kebiasaan yang bisa merusak otak tanpa kamu sadari. Apakah kamu masih melakukannya?

Baca juga:

5 Manfaat Hidup Minimalis

Apa Itu Sustainable Fashion

5 Manfaat Yoga Bagi Tubuh, Sudah Coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *