4 Jurusan Kesehatan yang Masih Belum Diketahui!

oleh -324 views
4 Jurusan Kesehatan yang Masih Belum Diketahui!
Group successful doctors in hospital background

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi mayoritas anak SMA, ketika ditanya tentang apa saja yang ada di dalam jurusan kesehatan, pasti langsung terlitas tentang kedokteran. Selain itu, biasanya tentang keperawatan ataupun kesehatan masyarakat. Padahal sebenarnya banyak jurusan kesehatan yang dapat dijadikan pilihan. Berikut ini 4 jurusan kesehatan yang masih belum diketahui dan bisa menjadi alternatif pilihan untuk Sobat semua! (jerrell)

1. Jurusan Pengobat Tradisional

5 Jurusan Kesehatan ini Belum Banyak yang Tahu, lhomajalahkartini.co.id

Akhir-akhir ini sedang hits gaya hidup kembali ke alam, menjadikan pengobatan menggunakan obat berbahan baku alam atau herbal semakin diminati masyarakat. Ditambah lagi banyaknya efek samping negatif dari pengobatan kimia menjadikan obat-obat tradisional yang alami dari alam ini makin banyak dilirik.

Nah, alternatif pertama adalah Jurusan Pengobat Tradisional. Di sini kita belajar bagaimana menyembuhkan berbagai penyakit menggunakan metode tradisional dan alami. Program Studi Pengobat Tradisional ini fokus pada pengembangan pengobat komplementer yang komprehensif dalam bidang intervensi fisik dan herbal.

Di Indonesia jurusan pengobat tradisional cuma ada 1 yaitu di Universitas Airlangga. Tepatnya di program Diploma 3 Pengobat Tradisional. Di jurusan pengobat tradisonal ini, kalian tidak hanya akan mempelajari tentang herbal atau jamu, tetapi banyak teknik pengobatan tradisional lain seperti pijat, akupuntur, gizi dan sebagainya.

2. Jurusan Fisioterapi

5 Jurusan Kesehatan ini Belum Banyak yang Tahu, lhomanchesterneurophysio.co.uk

Sebagian dari kita mungkin belum tahu kalau ada jurusan yang namanya Fisioterapi.

Kata “Fisio” (Physio) diambil dari kata physicyang berarti “fisik” dan kata “terapi” (therapy) yang berarti “pengobatan”, juga berarti usaha untuk memulihkan kesehatan. Jadi, “Fisioterapi” bermakna suatu bentuk pengobatan fisik untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan untuk mempromosikan kesehatan yang optimal, meliputi pemeliharaan, evaluasi, pemulihan fisik dan kinerja tubuh.

Jurusan fisioterapi ini mempelajari tentang fungsi gerak tubuh manusia mulai dari cara gerak hingga bentuk otot, sendi serta tulang. Jurusan ini merupakan cabang dari jurusan kedokteran.

3. Jurusan Analis Medis

5 Jurusan Kesehatan ini Belum Banyak yang Tahu, lhobiomedicinapadrao.com

Analis medis merupakan salah satu program studi  yang bergelut di bidang ilmu kesehatan khususnya di bagian pemeriksaan laboratorium. Di sini mahasiswa dibekali berbagai ilmu seperti, Patologi klinik, Bakteriologi, Metodelogi Laboratorim Klinik, dan lain-lain.

Analis Medis berbeda dengan Analis Kesehatan,lho. Jurusan ini lebih fokus pada studi pengelolaan laboratorium medis. Selain itu, perbedaan keduanya adalah analis medis mempelajari hal-hal yang lebih spesifik seperti, pemeriksaan darah, urin, feses, pus, sputum dan pemeriksaan lainnya yang berkaitan erat dengan manusia. Sedangkan pada analis kesehatan sifatnya lebih meluas.

4. Jurusan Teknik Kesehatan Gigi

5 Jurusan Kesehatan ini Belum Banyak yang Tahu, lhodentistry.unsoed.ac.id

Jurusan yang satu ini juga masih belum dikenal luas di masyarakat. Di jurusan Teknik Kesehatan Gigi ini mahasiswa akan belajar bekerja  merestorasi atau memperbaiki gigi untuk mengembalikan fungsi gigi dan jaringan dalam mulut yang tujuan umumnya adalah memelihara atau mengembalikan kesehatan gigi dan mulut sebagai mana mestinya.

Jurusan Teknik Kesehatan Gigi merupakan program pendidikan yang mempunyai kemampuan khusus dalam bidang teknik Laboratorium Kedokteran Gigi dan merupakan mitra kerja dokter gigi untuk menunjang peningkatan pelayanan kesehatan, khususnya kesehatan gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.