4 Jurusan Kuliah Unik yang Ada di Indonesia!

oleh -157 views
4 Jurusan Kuliah Unik yang Ada di Indonesia!

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pendaftaran SNMTPN sudah selesai, banyak siswa-siswi SMA yang menunggu hasil pendaftaran tersebut. Namun, ada peluang selanjutnya yang bisa diambil yaitu SBMPTN. Apakah Sobat sudah menentukan jurusan yang akan diambil? Ternyata, tiap kampus memiliki jurusan populer bahkan jurusan yang unik. Berikut, 4 Jurusan Kuliah Unik yang Ada di Indonesia! (jerrell)

1. Angklung dan Musik Bambu

Tak banyak orang yang tahu kalau alat musik ini ternyata punya jurusan khusus di kampus Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), Bandung. Selama ini, mungkin saja banyak orang yang berpikir bahwa untuk bisa menguasai alat musik ini hanya butuh beberapa kali latihan, bukan pendidikan khusus.

Tapi, sebagai salah satu kesenian asli Indonesia, musik dan alat musik bambu ini memang butuh pengetahuan lebih mendalam untuk mendukung kelestarian angklung.

Di jurusan Angklung dan Musik Bambu, tak hanya angklung yang bakal dipelajari tetapi juga alat musik bambu Nusantara. Mengutip dari laman resmi ISBI Bandung, mahasiswa akan menjalani masa studi 4 tahun dengan menguasai empat kompetensi yakni, pembawaan (karya aransemen), penciptaan (karya baru) dan organologi.

2. Seni Pedalangan

Pertunjukan wayang tidak akan lepas dari sosok dalang. Ia jadi kendali sebuah pertunjukan sekaligus sosok di balik tokoh-tokoh wayang yang bergerak dan berkata-kata. Rupanya menjadi dalang ada jurusan kuliahnya.

Di Institut Seni Indonesia (ISI), Yogyakarta dan ISI Denpasar, tersedia jurusan Seni Pedalangan. Mengutip laman resmi ISI Yogyakarta, jurusan ini akan membekali mahasiswanya sehingga mampu menjadi seniman intelektual. Seorang sarjana Seni Pedalangan tidak terbatas menjadi dalang saja. Lulusannya bisa menjadi peneliti, kritikus juga penulis naskah pertunjukan wayang kulit.

Baca Juga : 4 Universitas Dengan Jurusan Sosiologi Terbaik!

3. Seni Karawitan

Paket lengkap seni gamelan dan seni suara ada dalam seni karawitan. Karawitan berasal dari kata ‘rawit’ yang berarti halus dan lembut. Seni satu ini mengusung kelembutan perasaan baik dari alunan alat musik maupun tembang bernada slendro dan pelog.

Biasanya karawitan menjadi satu bagian dengan pertunjukan wayang kulit. Namun seni satu ini bisa pula berdiri sendiri sebagai pertunjukan atau pengiring tari-tarian. Tertarik mendalami kesenian satu ini? Terdapat jurusan Seni Karawitan baik di ISI Yogyakarta maupun ISI Denpasar. Baik di Jawa maupun Bali, seni karawitan begitu populer.

4. Olahraga Rekreasi

Jurusan Pendidikan Olahraga mungkin yang terbayang dalam benak Anda nantinya akan menjadi guru mata pelajaran olahraga. Lalu bagaimana dengan jurusan Olahraga Rekreasi? Jurusan satu ini tidak membuat Anda harus piknik atau rekreasi sembari olahraga.

Seorang sarjana Olahraga Rekreasi malah bisa terjun ke area kerja yang luas tak sekadar olahraga saja. Salah satu kampus penyedia jurusan Olahraga Rekreasi, Universitas Negeri Jakarta, dalam lamannya menyebut lulusan diproyeksikan menjadi manajer tempat wisata, koordinator acara berbasis olahraga, instruktur, tenaga pemasaran rekreasi, konsultan bidang rekreasi juga tour guide.

Sumber : http://cnnindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *