4 Jurusan yang dibutuhkan 10 Tahun Mendatang!

oleh -489 views
4 Jurusan yang dibutuhkan 10 Tahun Mendatang!

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memilih jurusan bukanlah hal yang mudah dan sederhana. Dibutuhkan perencanaan dan juga pertimbangan yang matang. Terutama, melihat perkembangan zamannya ke depan. Berikut adalah 4 Jurusan yang dibutuhkan 10 tahun mendatang. Simak informasinya (jerrell)

1. Digital marketing

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan suatu bidang baru yang berkembang pesat di era digital. Perusahaan dinilai sangat membutuhkan orang yang ahli dalam meracik strategi pemasaran digital di situs daring maupun media sosial.

“Ilmu ini semakin penting ke depannya, seiring dengan meledaknya dunia digital. Butuh orang yang bisa memasarkan melalui Instagram, TikTok, YouTube, tentunya melalui konten yang bagus,” kata konsultan manajemen dan SDM, Yodhia Antariksa, Selasa (23/2).

Skill ini bisa didapatkan pada sejumlah jurusan di perguruan tinggi di Indonesia seperti di Universitas Padjadjaran dengan program studi Pemasaran Digital.

Selain dari perguruan tinggi, Yodhia menilai skill ini bisa dipelajari secara otodidak.

“Ini bisa dipelajari secara otodidak, tanpa harus memakai gelar sarjana,” kata Yodhia.

2. Jurusan teknologi

Keahlian lain yang juga sangat dibutuhkan di masa depan berkaitan dengan data dan teknologi.

“Dengan adanya ledakan big data, butuh orang yang bisa mengolah big data seperti di bidang data scientistmachine learning, dan artificial intelligence,” ungkap Yodhia.

Keahlian ini bisa didapatkan di jurusan yang berkaitan dengan teknologi seperti Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.

Selain dari perguruan tinggi, keahlian ini juga bisa didapatkan melalui kursus yang banyak tersedia.

3. Jurusan keuangan

Jurusan keuangan juga masih dibutuhkan hingga 10 tahun ke depan. Pasalnya, sektor finansial seperti bank merupakan penopang ekonomi Indonesia dengan pertumbuhan yang paling baik dibandingkan sektor lain.

“Perusahaan yang paling menguntungkan di Indonesia adalah bank, jadi kebutuhannya finansial dan perbankan masih tinggi,” tutur Yodhia.

Keahlian dalam bidang keuangan bisa didapatkan melalui jurusan Akuntansi dan Ilmu Ekonomi.

4. Jurusan kesehatan

Pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung juga membuat jurusan kesehatan juga bakal terus dibutuhkan mulai dari dokter, perawat, dan ahli gizi.

“Ini sangat mendesak karena masalah di Indonesia kekurangan dokter dan perawat. Juga diperlukan orang yang mampu mengembangkan health tech,” ujar Yodhia.

Keahlian di bidang kesehatan ini bisa ditempuh dengan mengambil jurusan kedokteran, keperawatan, dan ilmu gizi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.