5 Tips Mengatasi Overthinking Untukmu!

oleh -128 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hayo siapa yang di sini masih suka overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan? Memikirkan sesuatu sebenarnya di lain sisi baik untuk mengantisipasi atas kemungkinan-kemungkinan yang akan datang. Namun, di sisi lain memikirkan secara berlebihan dapat berdampak negatif untuk kondisi fisik dan mentalmu. Nah, kali ini kita kan membahas tentang tips mengatasi overthinking. (tika)

Berikut ini tips mengatasi overthinking.

1. Berhenti sejenak

Hal yang paling utama untuk kamu lakukan adalah berhenti sejenak. Tak ada salahnya kalau kamu berhenti sejenak memikirkan masalah-masalahmu. Kemudian tenangkan pikiranmu dan mencari penyebab sekaligus solusinya. Cobalah untuk mencari sumber masalah yang selama ini terus kamu pikirkan. Bisa kamu tulis dalam buku harianmu dan membuat daftar mana yang seharusnya kamu pikirkan dan tidak perlu kamu pikirkan.

2. Selesaikan dari yang termudah

Setelah membuat daftar, kamu urutkan mana saja yang harus kamu selesaikan baik masalah pekerjaan, teman atau keluarga dari yang paling ringan hingga yang berat. Mengerjakan hal dari yang termudah akan memberi sensasi kesuksesan dan membuatmu semakin bersemangat untuk menyelesaikan hal hal selanjutnya.

3. Pasang target

Buatlah target dan tenggat waktu yang kamu tentukan untuk menyelesaikan masalah. Membuat target ini berguna untuk bisa lebih memprioritaskan mana saja hal akan kamu lakukan. Kamu juga bisa menjadi lebih fokus pada satu pekerjaan. Jangan lupa, kamu harus fokus pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan.

4. Alihkan perhatian

Coba deh untuk sejenak mengalihkan perhatian pada hal hal lain yang bisa membuatmu senang. Misalnya, kamu bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat, hobi hobi yang kamu sukai, atau olahraga secara rutin. Hal ini selain membuatmu bahagia, kamu juga bisa menjadikan media untuk membuang energi dengan hal bermanfaat.

5. Refleksi

Selanjutnya, luangkanlah waktumu untuk refleksi dan intropeksi diri. Kamu dapat memikirkan tentang masalahmu, kesalahanmu, dan fokus untuk memperbaiki atau solusinya. Selain itu, kamu juga bisa memikirkan tentang tantangan yang ada di depan dan menyusun strategi untuk melewatinya. Kamu bisa merefleksikan ini sekitar 20-30 menit, setelah itu kembali pada aktivitas biasa dan kembali produktif.

Selain cara cara tersebut, jangan lupa untuk mengapresiasi dirimu atas segala pencapaian yang telah kamu dapatkan dan juga melakukan meditasi sebagai alternatif dalam mengatasi overthinking. Jadi, apakah kamu terbantu dengan tips mengatasi overthinking kali ini ?

Baca juga :

Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Detoks Media Sosial!

Ternyata Ada Manfaat dari Rasa Malas Lho!

Tubuh Terasa Lelah Saat Bangun Tidur, Ini Alasannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *