5 Universitas di Indonesia yang Menyediakan Jurusan Otomotif Terbaik

oleh -113 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kuliah di universitas teknik otomotif terbaik jadi impian sejumlah mahasiswa yang berminat dengan bidang ini. Selain punya prospek yang bagus, otomotif termasuk bidang yang menyediakan lowongan kerja yang cukup melimpah dan berumur panjang. Berikut 5 Universitas di Indonesia yang Menyediakan Jurusan Otomotif Terbaik.

1. Universitas Negeri Malang

Mengantungi akreditasi A sejak 2017 dari BAN-PT, jurusan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Malang termasuk program yang memberikan pengajaran cukup lengkap.

Faktor ini pula yang membuatnya masuk dalam daftar universitas teknik otomotif terbaik di Indonesia. Adapun total SKS yang tersedia adalah 144 hingga 152 SKS.

Di sini, Sobat bakal mempelajari mata kuliah seputar Peralatan Otomotif, Teknologi Motor Diesel, Teknologi Motor Bensin, Kelistrikan Engine, hingga Perbaikan Bodi Kendaraan.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Bukan tanpa alasan Yogyakarta dikenal sebagai salah satu pusat pendidikan di Indonesia.

Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ada jurusan Pendidikan Teknik Otomotif untuk S1 dengan total 148 SKS. Sobat yang memilih kuliah di sini bakal mempelajari mata kuliah seperti Teknologi Otomotif Dasar, Termodinamika, Listrik dan Elektronika dasar, hingga Elemen Mekanik Otomotif.

Universitas teknik otomotif terbaik ini pun punya fasilitas yang oke seperti bengkel engine, bengkel bodi & cat, bengkel kelistrikan, laboratorium bahan teknik, serta laboratorium hidro-pneumatik.

3. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Selanjutnya, ada Universitas Muhammadiyah Purworejo yang menjadi satu-satunya universitas swasta yang hasil akreditasinya dimuat di laman resmi BAN-PT. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif yang sudah mempunyai akreditasi B ini merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sobat yang belum beruntung diterima di universitas negeri bisa mendaftar ke sini.

Salah satu prestasi yang dicetak universitas teknik otomatif terbaik ini adalah menyelenggarakan Automotif Educative Zone 2017 bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif.

4. Universitas Negeri Padang

Sobat yang berdomisili di Sumatera tak perlu sampai menyeberang pulau demi kuliah Teknik Otomotif. Pasalnya, ada beberapa universitas yang sudah menyediakan jurusan tersebut, salah satu di antaranya Universitas Negeri Padang.

Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif di universitas ini sudah mengantungi akreditasi A dari BAN-PT sejak 2016 silam.

Walaupun termasuk bagian dari Fakultas Teknik di UNP, jurusan S1 ini lebih difokuskan kepada penyiapan tenaga kependidikan atau guru untuk mengajar di Sekolah Menengah Kejurusan (SMK).

5. Universitas Negeri Makassar

Menyeberang ke Sulawesi, ada Universitas Negeri Makassar yang bisa Sobat pilih sebagai universitas teknik otomotif terbaik. UNM yang sudah mempunyai akreditas A BAN-PT menyediakan jurusan Teknik Otomotif buat Sobat yang ingin menempuh pendidikan S1. Berbagai tujuan pun ditargetkan UNM lewat jurusan ini, termasuk mencetak prestasi tingkat nasional hingga internasional.

Sementara itu, mata kuliah yang disajikan Teknik Otomotif UNM sudah mencakup Material Teknik, Elektronika Otomotif, Thermodinamika & Perpin Panas, hingga Modifikasi Sepeda Motor.

Daftar di atas membuktikan bahwa Teknik Otomotif termasuk salah satu jurusan yang populer dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan begitu, Sobat bakal lebih mudah menentukan universitas teknik otomotif terbaik, terutama kalau Sobat punya biaya terbatas atau tidak mendapat izin kuliah di luar pulau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *