5 Universitas Tertua yang ada di Negera India, No 3 Seperti Istana Negara.

oleh -275 views
5 Universitas Tertua yang ada di Negera India, No 3 Seperti Istana Negara.

ZETIZEN RADAR CIREBON – India merupakan sebuah negara dengan kualitas pendidikan bertaraf internasional serta memiliki gedung-gedung kampus bergaya arsitektur klasik. Banyak juga universitas tertua yang berada di India. Berikut 5 Universitas Tertua yang ada di Negera India, sebagai berikut. (jerrell)

1. University of Mumbai

5 Daftar Universitas Tertua di Negara India, Berusia Ratusan Tahun!dnaindia.com

University of Mumbai merupakan salah satu universitas terbaik di negara India. University of Mumbai didirikan pada tahun 1857 dan dirancang oleh seorang pria berkebangsaan Inggris yang bernama, Sir Charles Wood. Dulunya kampus ini memiliki nama University of Bombay kemudian diubah menjadi University of Mumbai sesuai dengan perubahan nama kota. Kampus utama University of Mumbai pada mulanya dibangun di wilayah Mumbai bagian selatan.

Saat ini University of Mumbai mempunyai dua kampus yang memiliki luas 243 dan 14 hektar yang terletak di daerah Vidyanagari dan Fort. Hampir semua jurusan yang ada di kampus ini telah mendapat akreditasi A dari badan penilaian akreditasi nasional.

2. Aligarh Muslim University

5 Daftar Universitas Tertua di Negara India, Berusia Ratusan Tahun!ndtv.com

Tidak hanya masuk ke dalam daftar universitas tertua di India, Aligarh Muslim University merupakan kampus terluas di negara India yang memiliki luas 467 hektar. Kampus ini terletak di daerah Aligarh dan didirikan pada tahun 1875 oleh Sir Syed Ahmad Khan. Aligarh Muslim University juga memiliki tiga kampus lainnya yang terletak di daerah Malappuram, Murshidabad dan Kishanganj.

Aligarh Muslim University pernah menempati posisi 158 dalam daftar universitas terbaik di Asia. Beberapa alumni paling terkenal yang pernah menempuh pendidikan di kampus ini di antaranya Javed Akhtar, Mufti Mohammad Sayeed dan Naseeruddin Shah.

3. Indian Institute of Technology Roorkee

5 Daftar Universitas Tertua di Negara India, Berusia Ratusan Tahun!businesstoday.in

Indian Institute of Technology Roorkee menyandang predikat sebagai universitas teknik tertua di India bahkan di Asia. Sebelumnya, kampus ini memiliki nama University of Roorkee and Thomason College of Civil Engineering yang didirikan oleh Sir James Thomason pada tahun 1847. Namun, di tahun 2001 kampus ini berubah nama menjadi Indian Institute of Technology Roorkee yang berlokasi di daerah Roorkee, Uttarakhand. Kampus ini menjadi favorit bagi para pelajar di India untuk mendalami berbagai bidang ilmu teknik.

Baca Juga :4 Jurusan yang dibutuhkan 10 Tahun Mendatang!

4. Krishnagar Government College

5 Daftar Universitas Tertua di Negara India, Berusia Ratusan Tahun!justdial.com

Krishnagar Government College didirikan pada tahun 1946 yang terletak di daerah Nadia, Benggala Barat. Kampus ini dulunya berada di bawah naungan dari Universitas Calcutta namun saat ini telah berafiliasi dengan Universitas Kalyani. Sejarah berdirinya Krishnagar Government College berawal dari hasil persetujuan Lord Hardinge untuk pembangunan sebuah kampus megah di tanah sumbangan dari Nadia Raj Srishchandra Roy dan Maharani Swarnamoyee Devi yang memiliki lahan perkebunan yang sangat luas.

Setelah selesai dibangun, Krishnagar Government College dipegang oleh David Lester Richardson yang merupakan mantan staf pendidik ternama di Universitas Calcutta.

5. Haffkein Institute

5 Daftar Universitas Tertua di Negara India, Berusia Ratusan Tahun!hindustantimes.com

Pemberian nama Haffkein Institute berasal dari nama seorang profesor Yahudi, Walder Haffkein, yang merupakan ahli bakteriologi. Hal ini berlatabelakangkan adanya peranan besar dari Profesor Walder Haffkein ketika turun tangan dalam mananggulangi wabah penyakit dan kelaparan yang menimpa kota Mumbai pada tahun 1897. Haffkein institute merupakan salah satu kampus penelitian dalam bidang medis paling terkemuka di India yang berdiri pada tahun 1899.

Berumur hingga ratusan tahun, itulah universitas tertua yang terdapat di negara India. Dengan kualitas pendidikan bermutu tinggi, apakah kamu tertarik untuk menempuh pendidikan di salah satu universitas di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *