Begini Cara mengetahui Kalau Komputer Telah Diretas

oleh -216 views
Source: coindesk.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sangat sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk menentukan siapa yang meretas komputer atau mendeteksi siapa yang secara aktif meretas komputer. Sebagian besar masalah komputer tidak disebabkan oleh komputer yang diretas. Pada umumnya, kebanyakan kasus pembajakan komputer karena virus bukan karena peretasan. (Indah)

Sulit untuk mendeteksi peretas di komputer karena peretas akan menyembunyikan atau menyamarkan tindakan mereka. Berikut ini adalah hal paling umum yang mungkin Anda perhatikan setelah komputer mengalami peretasan.

Program baru terinstal

Dalam beberapa situasi, Anda mungkin melihat program atau file baru dalam komputer. Jika Anda adalah satu-satunya pengguna komputer yang Anda miliki dan Anda mendapati ada program baru telah terinstal, mungkin komputer tersebut telah diretas. Namun, ada juga beberapa alasan sah mengapa program baru dapat muncul dalam komputer, seperti yang berikut ini.

Sistem operasi atau program lain menerima pembaruan yang menyertakan program atau file baru.
Saat Anda menginstal program baru, program lain mungkin terinstal dengannya. Misalnya, plugin dan program gratis lainnya memiliki kotak centang yang memverifikasi penginstalan toolbar atau program antivirus baru. Jika Anda tidak menghapus centang pada kotak ini, program tambahan baru terinstal.

Jika Anda mencurigai seseorang mungkin telah menggunakan mesin Anda, tanyakan apakah mereka menginstal program baru.
Oleh karena itu, Di bawah ini adalah daftar program yang mungkin menunjukkan adanya peretas di komputer.

Backdoors dan trojan adalah program yang paling umum terpasang dalam komputer setelah teretas. Program-program ini dapat memungkinkan peretas untuk mendapatkan akses ke sejumlah besar informasi yang tersimpan di komputer Anda.

Klien IRC adalah cara umum lain bagi seorang hacker untuk masuk ke komputer atau mengontrol ribuan komputer dari jarak jauh. Oleh karenanya, Jika Anda belum pernah berpartisipasi dalam obrolan IRC dan memiliki klien IRC, komputer Anda mungkin telah teretas.

Spyware, program antivirus jahat, dan malware mungkin mengindikasikan adanya peretas. Selain itu, bagaimanapun, itu adalah tanda bahwa komputer Anda terinfeksi melalui unduhan atau mengunjungi laman yang dibajak saat berada dalam Internet.

Kata sandi komputer berubah ketika komputer diretas

Kata sandi online
Terkadang, setelah akun online teretas, peretas mengubah kata sandi ke satu atau beberapa akun. Oleh karena itu, Coba gunakan fitur lupa kata sandi untuk mengatur ulang kata sandi. Jika alamat email Anda telah berubah atau fitur ini tidak berfungsi, hubungi perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Mereka adalah satu-satunya orang yang dapat mengatur ulang akun Anda dan memberikan kendali kembali kepada Anda.

Kata sandi komputer lokal
Jika kata sandi Anda untuk masuk ke komputer Anda telah berubah, itu mungkin telah teretas. Tidak ada alasan mengapa kata sandi berubah dengan sendirinya.

Baca Juga: Penjahat Cyber Gunakan Server Media Plex Perkuat Serangan DDoS

Spam email sedang dikirim

Surel
Saat akun email terambil alih, penyerang sering menggunakan akun tersebut untuk menyebarkan spam dan virus. Oleh karena itu,  Jika teman, keluarga, atau rekan kerja Anda menerima email iklan dari Anda, email Anda mungkin telah terbobol. Masuk ke akun email Anda dan ubah kata sandi akun Anda.

Tip
Alamat email juga dapat dipalsukan tanpa meretas akun. Setelah mengubah kata sandi email, jika teman Anda terus mendapatkan email yang belum Anda kirim, kemungkinan ada seseorang yang memalsukan alamat email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *