Berikut Asal Usul Angpau yang Identik saat Tahun Baru Cina

oleh -98 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Perayaan tahun baru China atau Imlek pastinya identik dengan amplop kecil berwarna merah yakni angpau. Pastinya banyak sekali orang menunggu benda kecil tersebut saat perayaan berlangsung. Namun dibalik semua itu, apakah kamu mengetahui asal usul angpau tersebut. Sebenarnya asal usul angpau memiliki banyak sekali versi yang berbeda. Namun, satu versi yang terbilang cukup populer.

Menurut legenda, pada zaman dahulu ada seekor monster yang sangat menakutkan yang bernama “Sui”. Setiap tahunnya pada malam tahun baru, monster tersebut akan datang untuk mengganggu anak-anak saat sedang tertidur. Monster tersebut akan menyentuh kepala anak tersebut sebanyak tiga kali.

Karena terbangun, anak-anak tersebut akan ketakutan dan menangis keras. Setelah itu mereka akan mendapatkan gejala sakit kepala, deman dan mulai mengoceh tidak karuan. Setelah semua itu selesai dan menghilang anak tersebut akan berubah menjadi gila ataupun bodoh.

Karena khawatir si monster akan mengganggu anak-anak lagi. Para orang tua pun tetap terjaga saat malam tahun baru berlangsung dengan tetap menyalakan penerangan.

Di ceritakan kembali di sebuah kota bernama Jiaxing ada sebuah pasangan yang baru mempunyai anak saat umurnya sudah mencapai senja, sehingga anak tersebut sangat mereka sayangi.

Pada suatu malam tahun baru, karena takut sang monster mengganggu anaknya, mereka membuat anak tersebut pun terjaga sepanjang malam. Mereka memberikan delapan koin untuk ia mainkan. Setelah anak tersebut mendapatkan koin tersebut, ia merasa kegirangan dan kemudian memainkannya. Ia memasukan koin tersebut kedalam amplop merah kemudian mengeluarkannya dan memasukannya lagi hingga seterusnya. Karena kelelahan sang anak pun tertidur dengan delapan koin yang terbungkus dalam amplop tersebut berada di samping bantalnya. Sedangkan, orangtua si anak menjaganya di dekat tempat tidurnya.

Ketika tengah malam, angin berhembus kencang hingga menyebabkan pintu terhempas terbuka dan penerangan seketika mati. Setelah itu, sang monsterpun mencoba untuk mengulurkan tangannya untuk menyentuh sang anak. Ketika sang monster sedang berusaha untuk menyentuh anak tersebut, seketika delapan koin yang berada di amplop tersebut mengeluarkan cahaya yang sangat terang. Karena cahaya tersebut sang monster pun ketakutan dan pergi untuk melarikan diri.

Keesokan harinya orang tua dari anak tersebut menceritakannya kepada tetangganya. Sejak saat itu mereka pun mencoba cara tersebut dan para anak-anak aman dan sehat tanpa masalah dari si monster.

Ternyata delapan koin tersebut adalah perwujudan dari delapan dewa yang datang diam-diam untuk melindungi sang anak. Oleh karena itu, para masyarakat Tionghoa pada zaman dulu menyebut uang yang terbungkus dalam amplop merah itu dengan sebutan uang keberuntungan di hari tahun baru. (fb)

Baca artikel selanjutnya Ternyata Hal Terbesar di Dunia ini Ada di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *