Bosan Belajar Online? Ini Tips Belajar Efektif di Rumah

oleh -335 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada saat ini belajar online dari rumah sudah menjadi rutinitas harian mulai dari anak SD hingga kuliah. Mungkin pada sebagian orang terasa melelahkan dan kurang efektif tidak seperti saat tatap muka. Kali ini kita akan membahas tentang tips belajar efektif pada saat di rumah dan terasa menyenagkan. (tika)

Simak tips tips berikut ini ya.

1. Istirahat yang cukup

Walaupun kamu seharian dari pagi sampai sore belajar online menatap layar laptop dan duduk saja jangan lupa untuk istirahat. Pastikan kamu istirahat yang cukup setidaknya 8 jam saat malam hari. Hal ini karena otak menjadi lebih rileks dan bisa mencerna informasi saat belajar. Justru apabila kamu belajar terus menerus dan kurang istirahat bisa berdampak buruk bagi kondisi kesehatanmu.

2. Cari tempat yang nyaman dan kondusif

Saat melakukan aktivitas termasuk belajar, lingkungan sangat berpengaruh pada konsentrasimu. Cobalah untuk mencari tempat yang kondusif misalnya kamar. Selain kondusif, jangan lupa untuk mencari tempat yang nyaman agar kamu bisa lebih memahami materi belajar. Dan juga, siapkan kebutuhan yang menunjang belajarmu agar bisa langsung mengambil tanpa harus mencari cari dahulu.

3. Disiplin mengatur waktu

Setelah mencari tempat yang nyaman dan kondusif, kamu juga harus disiplin untuk mengatur waktu. Kamu harus bisa membagi waktu antara belajar, istirahat, bermain, dan tetpa bersosialisasi. Kamu bisa memulainya seperti saat sekolah tatap muka, mulai dari bangun pagi dan mandi, dan bersiap di waktu yang sudah dijadwalkan, kamu juga tidak lupa mengatur makan siang dan istirahat pada jamnya.

4. Tetap bersosialisasi

Selama pandemi, kita memang harus membatasi aktivitas yang berhubungan dengan orang banyak. Namun, otak juga butuh refreshing agar tidak mudah stress. Kamu bisa bersosialisasi dengan orang-orang di rumah seperti orang tua, adik dan kakak. Atau kamu juga bisa melakukan video call dengan teman teman. Menurut penelitian dari Washington University, bersosialisasi menjaga kamu untuk tetap fokus saat belajar.

5. Fokus

Tips selanjutnya adalah kamu harus tetap fokus selama belajar, mulailah mengenali hal hal yang mengganggu konsentramimu. Sumber distraksi bisa datang dari mana saja misalnya penggunaan televisi, notifikasi chat, atau hal hal lain yang mengganggu konsentrasi. Kamu juga bisa memilih gaya belajar yang efektif untukmu agar lebih memahami materi. Serta jangan lupa untuk memberi reward pada dirimu.

Itulah 5 tips belajar efektif di rumah saja, semoga pandemi ini segera berakhir dan sekolah tatap muka seperti sebelumnya. Hayo siapa yang kangen sekolah bersama teman?

Baca juga:

Efek Samping Kopi yang Perlu Kamu Ketahui!

Mengenal Gaya Hidup Minim Sampah, Sudah Tahu?

Ini 4 Hal yang Harus Kamu Kurangi Mulai dari Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.