Burung Namdur, Pemilik Sarang Indah Untuk Betinannya

oleh -424 views
source: steemit.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu sudah tahu burung namdur? Burung namdur adalah burung endemik dari Papua yang berasal dari keluarga Ptilonorhynchidae. Persebaran burung namdur ada di wilayah Austro-Papua dan terdapat 20 jenis burung namdur di dunia. Selain di Papua, burung namdur juga bisa kamu temukan di Papua Nugini dan Australia. Burung namdur endemik Papua adalah burung namdur polos (Amblyornis inornata). Si pemilik burung ini hidup di pegunungan Arfak dan banyak yang menyebutnya dengan nama burung Mbrecew. (tika)

Burung namdur, memiliki warna bulu yang beragam. Ada yang berwarna hijau, jingga, merah, kuning, cokelat, abu-abu, putih, bahkan hitam. Ukuran si pemilik sarang indah ini pun bermacam-macam tergantung jenisnya. Panjangnya mulai dari 22 cm hingga 40 cm. Burung namdur ini memiliki beberapa keunikan lho! Salah satunya sarang burung namdur yang unik, kemudian apalagi ya?

Berikut ini beberapa keunikan burung namdur.

1. Burung pemakan buah

Burung namdur sangat suka makan buah. Namun, ada dari mereka yang memakan bunga dan nektar. Saat baru menetas, burung namdur makan serangga. Burung namdur polos lebih banyak menghabiskan hidupnya di hutan hujan di kaki gunung. Jika ingin bertemu dengan burung namdur kamu bisa mengunjungi habitat aslinya di Cagar Alam Pegunungan Arfak, Manokwari, Provinsi Papua Barat.

2. Perancang sarang yang indah

Burung namdur jantan punya kemampuan arsitektur yang tinggi jika dibandingkan jenis burung lainnya. Banyak yang menyebut sarang burung ini dengan sebutan bower atau bungalo. Keunikan burung namdur dalam membuat sarangnya yaitu burung ini akan menggunakan konsep warna biru sebagai elemen sarangnya. Burung ini akan menyusun ranting dan daun kemudian mereka hias dengan barang yang mereka temukan.

3. Pandai meniru berbagai macam suara

Keunikan lain dari burung ini adalah dapat meniru beragam suara, seperti kucing dan suara jenis burung lainnya. Burung namdur bisa mengeluarkan beragam suara, seperti suara desis, teriakan, dan suara yang terdengar seperti obrolan. Selain itu dia juga bisa menirukan suara burung lain dan suara manusia lho!

Tak hanya itu, burung namdur juga pandai menari. Ia akan mengepak-ngepakkan sayap, melangkah maju mundur, dan bernyanyi dengan merdu dengan kicauannya. Membuat sarang indah, berkicau dengan merdu, dan menari adalah cara yang mereka lakukan agar terlihat indah dan menarik burung namdur betina. Romantis sekali burung namdur ini, ya?

Nah, itu dia keunikan burung namdur. Bagaimana menurut tanggapanmu?

 

baca juga:

Glowworm Si Cacing Bercahaya Indah

Fakta Unik Ikan Mola-Mola Si Matahari Laut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.