Carcano M91/38, Senapan yang Dipakai Dalam Pembunuhan JFK

oleh -339 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada tanggal 22 November 1963, seluruh dunia digemparkan dengan berita meninggalnya presiden ke-35 Amerika Serikat John Fitzgerald Kennedy akibat dibunuh. Setelah pelaku pembunuhan diumumkan, pihak berwenang juga menunjukan senapan yang dipakainya, yakni Carcano M91/38. Berikut adalah latar belakang dari Carcano M91/38. (Zhorif)

Carcano M91/38 adalah senjata api tipe bolt-action atau sistem operasi kokang produksi Turin Army Arsenal, Italia. Senapan dengan nama lengkap Fucile Corto Modello 1891/38 Carcano Infantry rifle ini menggunakan peluru 7.35x51mm. Senjata ini memulai produksinya dari tahun 1892 sampai tahun 1945, dan mendapatkan reputasi yang cukup bagus selama penggunaannya dalam berbagai perang.

Baca juga: USS Abraham Lincoln, Kapal Induk yang Membantu Indonesia Saat Tsunami Aceh

Sejarah dan Latar Belakang

Source: Pinterest

Setelah Perang Dunia ke-1, militer Italia memulai riset dengan tujuan mengganti Carcano mereka yang masih menggunakan peluru 6.5x52mm untuk memberikan militer performa yang lebih baik. Dengan penetrasi yang lebih tinggi dan lintasan peluru yang lebih lurus, militer Italia akhirnya memilih peluru 7.35x51mm. Carcano M91/38 akhirnya memulai produksinya, dengan desain yang mirip seperti generasi sebelumnya.

Carcano M91/38 akhirnya menjadi tulang belakang dari militer Italia selama Perang Dunia ke-2. Italia juga mengekspor senjata api mereka tersebut untuk Finlandia dan Jerman. Carcano juga ikut melihat berbagai konflik dan perang saudara, seperti Libyan Civil War. Namun saat perang tersebut berakhir dan sampai saat ini, senjata tersebut sering digunakan sebagai senapan berburu karena ringan, akurat, dan mudah untuk merawatnya.

Baca juga: The Motherland Calls, Monumen Tertinggi di Eropa

Pembunuhan JFK

Source: Smithsonian Magazine

Laporan resmi telah menyimpulkan bahwa Lee Harvey Oswald, dalang pembunuhan John F. Kennedy menggunakan Carcano M91/38 sebagai senjata apinya. Carcano dengan nomor serial C2766 ini memakai 4×18 telescopic sight asal Jepang. Saat ini, senapan tersebut terletak pada gedung National Archives and Records Administration yang berletak pada College Park, Maryland.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *