Dampak Buruk Penggunaan Gadget Untuk Anak-Anak!

oleh -35 views
source: gsecretspecialdiary.business.blog

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada zaman sekarang mudah sekali mendapati anak anak di bawah usia 12 tahun sudah bermain gadget. Mulai dari menonton video, bermain game, hingga bermain sosial media. Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menegaskan bahwa anak umur 0-2 tahun tidak boleh terpapar teknologi sama sekali. Anak umur 3-5 tahun hanya boleh selama satu jam perhari. Dan umur anak 6-18 tahun hanya boleh 2 jam saja perhari. Mengapa? Berikut ini dampak buruk penggunaan gadget untuk anak anak. (tika)

1. Menganggu pertumbuhan otak

Pada usia 0-2 tahun, otak mengalami pertumbuhan yang cepat hingga dia berusia 21 tahun. Perkembangan ini dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Stimulasi yang berlebih dari gadget termasuk smartphone, internet, tv, dan lain-lain pada otak yang berkembang menyebabkan keterlambatan kognitif, gangguan dalam proses belajar, dan meningkatkan sifat impulsif pada anak.

2. Kecanduan

Ketika banyak orang tua yang membiarkan anak anak main gadget dengan waktu yang lama dan terus menerus, dapat menyebabkan kecanduan. Hubungan antara orang tua dan anak pun akan semakin jauh, karena anak akan terus terusan bermain gadget. Pada akhirnya, yang tadinya hanya mengisi kekosongan dan mencari hiburan menjadi suatu aktivitas yang tidak bisa lepas.

3. Kurang tidur

Selanjutnya, setelah anak kecanduan, anak anak pun akan kurang tidur karena bermain gadget dalam jangka waktu yang cukup lama. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa 75% anak usia 9-10 tahun mengalami kurang tidur karena penggunaan teknologi tanpa pengawasan. Kekurangan tidur akan berdampak buruk pada kesehatan. Hal ini, karena otak berkembang dengan baik saat tidur dan anak butuh tidur agar otak berfungsi dengan baik.

4. Merusak penglihatan

Dampak buruk penggunaan gadget untuk anak selanjutnya adalah bisa merusak penglihatan. Hal ini terjadi karena terlalu lama menatap layar terlalu lama. Menurut ahli kesehatan anak, penglihatan yang baik dapat diperoleh jika anak menatap benda dari jarak yang bervariasi. Melansir dari kompas, ada sebuah peneliatan yang menunjukkan bahwa anak yang kecanduan bermain gadget lebih mungkin mengalami gangguan pada mata mereka.

5. Radiasi

Dan dampak dari penggunaan gadget yang berbahaya lainnya adalah adanya radiasi. Pada bulan mei 2011, WHO memasukkan ponsel dan gadget tanpa kabel lainnya dalam kategori risiko 2B atau penyebab kemungkinan kanker. Hal ini karena radiasi emisi yang dikeluarkan oleh alat tersebut. Bahaya sekali kan apalagi pada anak anak.

Nah, inilah beberapa dampak buruk penggunaan gadget untuk anak-anak. Batasi penggunaan gadget dan jangan lupa tetap di bawah pengawasan orang tua ya.

Baca juga :

Ini Manfaat Minum Teh Untuk Tubuh!

5 Manfaat Membaca Buku yang Perlu Kamu Tahu!

Sudah Tahu Journaling? Ini Manfaatnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *