Dampak yang Terjadi Jika Melakukan Olahraga Berlebihan

oleh -106 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, jika melakukannya secara berlebihan pun bisa menimbulkan dampak negatif. Berikut informasi tentang Dampak yang Terjadi Jika Melakukan Olahraga Berlebihan. (jerrell)

Untuk itu, dalam melakukan olahraga sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan. Jangan lupa untuk memberi jeda waktu untuk tubuh beristirahat.

“Olahraga memang sangat baiik jika dilakukang dengan intensitas yang sesuai. Tidak bisa misalnya kita melihat orang lain berolahraga, lalu ingin bisa seperti mereka. Itu sangat berbahaya karena setiap orang kemampuannya berbeda-beda,” dr. Grace Joselini Corlesa, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dalam Webinar: Olahraga Lebih Optimal Bebas Cedera.

Dampak yang dapat ditimbulkan

Menurut dr. Grace, beberapa dampak yang ditimbulkan dari olahraga secara berlebihan adalah:

  • Badan terasa  nyeri atau pegal akibat peradangan di otot dan sendi.
  • Radang tendong atau tendinitis.
  • Dehidrasi.
  • Gangguan elektrolit.
  • Gangguan tidur.
  • Berkurangnya nafsu makan.
  • Melemahnya daya tahan tubuh, sehingga sering flu.
  • Gangguan jantung, seperti aritmia.

“Jika sudah berlebihan, paling baik itu konsultasi ke dokter apakah harus berhenti total atau bisa setengah dari olahraga biasanya atau olahraganya harus diubah total. Dan jangan lupa juga untuk istirahat. Ketika tidur harus berkualitas, deep sleep,” ujar dr. Grace.

Kemudian, dr. Grace menyarankan untuk melakukan olahraga yang disukai agar tidak melakukannya secara ‘musiman’. Sebab kalau kita melakukan olahraga yang kita sukai kan tentunya akan bertahan lama dan bisa menjadi kebiasaan yang baik.

Sebelum melakukan olahraga, menurut dr. Grace juga ada hal yang perlu diperhatikan. Yaitu ada pemanasan terlebih dahulu baru latihan inti. Setelah berolahraga pun, jangan langsung duduk tetapi harus ada pendinginan terlebih dahulu.

“Kalau makan berat, 3- 4 jam baru aktivitas fisik atau olahraga. Semakin dekat waktu olahraga maka semakin ringan makanannya. Misalnya setengah jam mau olahraga, itu bisa memilih roti, buah, jus, atau sport drink,” ujar dr. Grace.

Ia juga menyarankan agar ketika berolahraga jangan sampai lupa memerhatikan asupan cairan tubuh. Terutama di negara kita karena termasuk daerah tropis harus diperhatikan agar tidak dehidrasi. Setiap 1 jam bisa minum cairan.

Tadi adalah Dampak yang Terjadi Jika Melakukan Olahraga Berlebihan. Simak informasi lainnya hanya di Zetizen Radar Cirebon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *