Efek Samping Kopi yang Perlu Kamu Ketahui!

oleh -128 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu tipe orang yang suka minum kopi setiap hari? Kopi sering jadi solusi untuk menghilangkan kantuk menemani saat tugas sudah menumpuk dan untuk meningkatkan konsentrasi. Namun, ternyata ada efek samping kopi yang perlu kamu ketahui dan kamu waspadai. (tika)

Apa saja efek samping kopi? Yuk simak pembahasannya.

1. Insomnia

Kopi akan membantu menghilangkan kantuk dan membuatmu tetap terjaga. Namun, ternyata kelebihan jumlah kafein pada tubuh kita dapat membuat tubuh tidur dengan tidak nyenyak dan membuat mengurangi jumlah dan kualitas tidur. Hal ini akan membuat mengalami gangguan tidur, salah satunya insomnia.

2. Denyut jantung menjadi lebih cepat

Apakah kamu pernah saat setelah minum kopi, jantung menjadi berdebar lebih cepat dari biasanya? Pemicunya adalah minuman yang berkafein. Dalam beberapa kasus, jantung yang berdebar dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan. Cara agar mengurangi jantung yang berdebar adalah dengan menghindari minuman berkafein.

3. Sakit kepala

Melansir dari kontan.co, ada sebuah penelitian dari Cleveland Clinic, kafein dalam jumlah sedang membantu meredakan sakit kepala dengan membantu obat pereda nyeri bekerja lebih baik. Namun, jika mengonsumsi terlalu banyak dalam jangka waktu lama, kamu bisa mengalami gejala penarikan kafein bisa berupa sakit kepala. Batas konsumsi kafein adalah 400 mg setiap hari yang setara dengan 2 sampai 3 cangkir.

4. Merasa cemas

Terlalu banyak minum kopi dapat membuat diri kita merasa cemas. Melansir kompas, menurut sebuah penelitian National Institute of Mental Health justru menyarankan agar menghindari kafein karena menambah rasa cemas. Menurut laman Everyday Health, kecemasan itu muncul karena efek kafein dalam kopi yang memacu respons flight or fight.

5. Kerusakan otot

Ternyata terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan kerusakan otot. Ada sebuah kasus seorang wanita mengonsumsi 1 liter kopi yang mengonsumsi 565 mg kafein. Kemudian, ia mengalami mual, muntah, dan air seninya berubah menjadi hitam. Kondisi ini terjadi akibat potensi rhabdomyolyosis.

Nah itu beberapa efek samping dari minum kopi terlalu banyak. Sesekali boleh saja, namun jangan terlalu banyak dan terlalu sering ya.

Baca juga :

Ini Manfaat Minum Teh Untuk Tubuh!

Manfaat Mengonsumsi Matcha, Sudah Tahu?

Ini Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *